KORAN NUSANTARA
ekbis Hallo Nusantara Headline Lapsus

Percepat Pemulihan Ekonomi, Pemkab Lamongan gandeng Bank Jatim dorong perluasan pasar UMKM

Lamongan, mediakorannusantara.com  –  Pemerintah Kabupaten Lamongan bekerja sama dengan Bank Jatim mendorong perluasan pasar UMKM setempat melalui aplikasi “LaLa” (Lapak Lamongan), dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi dan menciptakan pasar bagi pelaku usaha mikro.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam siaran pers yang diterima, Kamis, 27/5 menjelaskan peluncuran aplikasi LaLa juga dibarengi dengan E-Ticketing Wisata Bahari Lamongan (WBL), yang secara umum untuk menggerakkan ekonomi daerah melalui wisata dan UMKM.

“Kami harapkan adanya inovasi ini dapat meningkatkan perputaran perekonomian masyarakat, mempermudah pendistribusian produk, serta memperluas pasar perdagangan UMKM di Kabupaten Lamongan,” katanya.

Untuk layanan tiket WBL, Yuhronur menambahkan tujuannya mempermudah wisatawan luar daerah melakukan pemesanan tiket tanpa perlu antre di lokasi wisata.

“Wisatawan dapat memesan tiket kapan saja dan di mana saja melalui website resmi WBL (Wisata Bahari Lamongan) dan memilih pembayaran melalui QRIS ataupun virtual account,” katanya.

“Kami berharap adanya inovasi-inovasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mampu benar-benar mempermudah, mempercepat, menyederhanakan pelayanan, juga memperluas pasar bagi pelaku UMKM Lamongan,” tuturnya.

Deputi Perwakilan BI Jawa Timur Imam Subarkah yang hadir dalam peluncuran itu mengapresiasi inisiatif kerja sama antara Pemkab Lamongan dengan Bank Jatim.

Menurut ia, upaya peningkatan perdagangan secara daring ini sangat relevan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan sejalan dengan target pemerintah tahun 2023, yakni tercapainya 30 juta UMKM digital.

“Buat saya ini bukan sekedar peluncuran, tapi adalah refleksi dari kesiapan Pemkab Lamongan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dalam melayani masyarakat. Jadi yang menjadi fokus atau targetnya adalah bagaimana pelayanan masyarakat itu tetap bisa berjalan bahkan dalam situasi sulit seperti sekarang ini,” kata Imam

Direktur TI dan Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo juga berharap inovasi ini akan dapat memulihkan ekonomi serta mendukung upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mendukung upaya promosi destinasi wisata di Kabupaten Lamongan.

“Kami bekerja sama dalam rangka memulihkan pendapatan nasional, salah satunya membangun aplikasi market place LaLa, semoga semua UMKM yang hadir bisa memanfaatkan aplikasi tersebut, sehingga semakin dikenal di beberapa daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. E-Ticketing WBL diharapkan juga akan mendukung upaya promosi destinasi wisata sekaligus sebagai pengembangan langkah awal pariwisata berbasis digital di Kabupaten Lamongan,” katanya.(wan/aN)

Related posts

Komisi C Desak Pemkot Benai Saluran di Perkampungan

kornus

HPN 2020, PWI Jatim Gelar Lomba Karya Tulis, Foto, Radio dan Televisi Piala Prapanca

kornus

Kodim Tipe A 0831/Surabaya Timur Gelar Sosialisasi Wasbang Triwulan 1 TA. 2020.

kornus