KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Penyebaran Covid-19 di Jatim Menyasar Usia Anak-Anak, Wagub Emil Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan Menjaga Prokes Secara Ketat

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Hal ini mengantisipasi situasi darurat kasus Covid di Jawa Timur.

Wagub Emil mengatakan, tingginya penyebaran Covid-19 juga menyasar pada warga dengan usia anak-anak. Karena itu, Pemprov Jatim sudah menyiapkan 10.500  Bed Occupancy Rate (BOR) atau tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang dirawat.

“Covid terus meningkat dan situasi darurat, dan kapasitan tempat merawat sangat terbatas,” kata Wagub Emil usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Jatim, Senin (28/6/2021).

Ia menyampaikan saat ini kapasitas tempat perawatan pasien covid sudah sangat terbatas. Termasuk banyaknya tenaga kesehatan yang ikut terpapar pandemi covid. “Saat ini sudah terisi 7.500 bed. untuk ICU disekitar 77 persen, DNA isolasi dikisaran 88 persen,” kata Emil.

Terkait pelayanan kesehatan, lanjutnya, akan tetap sesuai jadwal seperti biasa. Emil mengaku sudah menghubungi dr Jony Ketua Kuratif Covid-19 di Jatim.

“Jadwal pelayanan tetap diatur, bahwa pelayanan dalam kondisi urgen tetap berjalan seperti biasa,” jelasnya.

Terkait penanganan Covid-19 di Kabupaten Bangkalan, orang nomor dua di Jawa Timur ini menegaskan, pandemi Covid-19 mulai bisa ditekan dengan keterlibatan TNI/Polri. “Tetapi kasus Covid juga naik di wilayah kabupaten/kota lainnya. Karena itu penjagaan jangan kendor, dan terus meningkatkan disiplin prokes,” tegas Emil.

Sebelumnya Pemprov Jatim meresmikan Rumah Isolasi OTG (Orang Tanpa Gejala) di area Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Rumah isolasi berkapasitas 168 bed ini bertempat di Gedung E2 Asrama Haji berlantai dua.

Sementara Rumah Sakit Lapangan Indrapura memiliki kapasitas 500 bed, Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard Malang dengan kapasitas 300 bed, Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus Madiun berkapasitas 150 bed, Rumah Isolasi OTG di BPWS Bangkalan dengan kapasitas 550 bed. (KN01)

Related posts

Mabes TNI Peringati Hari Kebangkitan Nasional 2023 “Semangat Untuk Bangkit!

kornus

Kepala BIN: Bentrokan Antarkelompok Di Ambon Murni Kesalahpahaman

kornus

Aksi Demo Buruh Dikawasan Rungkut Industri Diwarnai Ketegangan

kornus