KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

KPUD Loloskan Eddy Rumpoko, Tiga Pasangan Cawali-Cawawali Batu Ancam Mundur

Malang (KN) – Pasca KPUD Kota Batu meloloskan Eddy Rumpoko untuk bisa kembali mengikuti Pilkada Batu pada 2 Oktober mendatang, Pilkada Batu semakin ruwet. Pasalnya tiga pasangan Cawali-Cawawali Batu yang selama ini telah mengikuti tahapan Pilkada mengancam mundur.

Menurut Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Wahyudi, kisruh Pilkada Kota Batu menunjukkan bukan sekadar pertarungan politik biasa. Namun menguatkan asumsi adanya orang kuat atau investor politik di belakang peserta pilkada Kota Batu. “Proses administrasi dan pembuatan keputusan pada Pemilukada Batu tidak bersandar pada hukum,” tutur Wahyudi, Senin (24/9).

Menurutnya, asumsi adanya keterlibatan investor selaku pemodal para peserta pilkada ini membuat keputusan diambil yang menuai kontroversi dari pasangan calon. “Akibatnya keputusan seperti ping pong dan tergantung arah angin atau kuat mana investornya,” imbuhnya.

Sementara terkait ancaman boikot pilkada dari tiga pasangan calon lainnya, yakni Abdul Majid – Kustomo, Suhadi-Suyitno, dan Gunawan Wirutomo-Sundjojo, Wahyudi menilai ancaman itu hanya sekadar gertak sambal yang ditujukan pada Komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Batu yang meloloskan Eddy Rumpoko. “Ancaman mundurnya untuk memberika shock terapi pada KPUD, sebab sebelum KPUD akhirnya meloloskan Eddy Rumpoko, mereka optimis menang,” kata dia.

Wahyudi menambahkan, menangnya gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya yang menyebabkan Eddy Rumpoko bisa mengikuti Pilkada membuat pasangan lainnya keder dan membuat banyak manuver politik, salah satunya dengan mengancam mundur dari pilkada jika KPUD tidak menggunakan hak banding.

“Seharusnya pasangan lain tetap optimis. Meskipun Eddy Rumpoko menang di PTUN, tapi belum tentu menang dalam Pilkada. Sehingga jika tiga pasangan itu mundur, maka akan memberikan preseden buruk bagi demokrasi dan politik di Kota Batu,” pungkas Wahyudi. (red)

Related posts

PKS Jatim Menggelar Silaturahim Kebangsaan di Grahadi, Gubernur Khofifah Sambut Baik dan Siap Bersinergi Bangun Jawa Timur

kornus

Fraksi Golkar DPRD Jatim Kawal Instruksi Induk Partai

kornus

Selamatkan Nyawa Karena Terinfeksi Covid-19, Polisi Surabaya Dapat Penghargaan dari Korea Selatan

kornus