KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

KPU Jatim Terus Lakukan Update Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2014

eko-sasmitoSurabaya (KN) – Lima Komisioner KPU Jatim periode 2014-2019 yang telah dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum RI, akan melakukan update atau pembaruan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal ini dilakukan supaya tidak ada pemilih hantu, yakni pemilih yang sebenarnya tidak ada, namun namanya tercatat.Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Eko Sasmito di Selasa (25/2/2014) mengatakan, DPT merupakan masalah yang krusial dalam Pemilu 2014 ini, maka itu pihaknya akan terus melakukan pembaruan data tiap minggu. ”Sesuai arahan KPU pusat, kami sudah dan terus melakukan update. Yakni, tiap minggu hingga H-7 pelaksanaan pemilu,’’ ujarnya.

Eko menjelaskan, data terakhir yang dilansir KPU adalah sebanyak 30.395.994. Data ini sudah mengalami dua kali penurunan. Sebelumnya, 30.447.008. Per Oktober 2013 lalu, data yang ada masih menunjukkan 30.511.695 orang. Data tersebut terakhir dibersihkan secara menyeluruh pada Desember 2013 lalu.

Ketika itu, ditemukan daftar pemilih yang sudah meninggal dunia adalah 21.589, kemudian anggota TNI/Polri sebanyak 174 orang, ada yang belum cukup umur, dan sekitar 1.700-an tergolong fiktif.

Dikatakan Eko, sebagai komisioner baru pihaknya memang cenderung melanjutkan. ’’Karena, tahapan pemilu sudah dekat. Apalagi, KPU periode sebelumnya sudah menata sistemnya dengan baik, sehingga praktis kami tinggal memantapkan saja,’’ paparnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Jatim Sufyanto mengatakan pihaknya juga fokus melakukan pengawasan terkait DPT tersebut. ’’Kami sudah mempunyai salinannya, dan kami juga mempunyai tenaga pengawas lapangan yang selalu meng-update nya tiap hari. Sehingga, ada kontrol terhadap penetapan DPT,’’ tuturnya.

Selain itu pihaknya menargetkan Jatim sebagai tempat pelaksanaan Pemilu yang relatif bersih, dan zero incident. ’’Setidaknya seperti di Pilgub Jatim, yang pelaksanaannya nyaris tidak ada gejolak apa pun,’’ ujarnya.

Di Jatim sendiri, skala pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) cukup besar. Selain karena menjadi provinsi dengan jumlah DPT terbanyak kedua di Indonesia (setelah Jabar), tempat pelaksanaannya juga cukup berjauhan. Total ada 86.386 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Jatim. Pada Desember 2013 lalu, ada penambahan satu TPS lagi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Probolinggo. (ms)

Related posts

Satgas TNI di Lebanon Patroli Dengan Tentara Perancis

kornus

KPK Selidiki Rekening Mencurigakan Pegawai Pajak dan Bea Cukai

kornus

IMB Rumah Ibadah di Surabaya, Ini Dia Kata Anggota Dewan dari PSI

kornus