KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

KPU Jatim Catat Jumlah Pemilih Pilgub 2013 Sebanyak 30.019.300 Jiwa

Ketua KPU -Jatim- Andry Dewanto Ahmad– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim melakukan rekapitulasi jumlah daftar pemilih pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) T di Jatim mencapai 30.019.300 jiwa.Rekapitulasi dilakukan di Hotel Novotel, Jumat (19/7/2013). Dari jumlah total pemilih tersebut, jumlah pemilih perempuan sebanyak 15.213.577 dan jumlah pemilih laki-laki sebesar 14.805.723 jiwa.

Melihat jumlah tersebut pemilih perempuan masih mendominasi atau 400.000 orang lebih banyak dibanding pemilih laki laki.”Ini pemutakhiran data yang dilakukan KPU Jatim,” kata Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad.

Hanya saja jumlah pemilih ini bisa saja bertambah dari yang ada sekarang ini. Sebab masing-masing Kabupaten/Kota masih bisa melakukan verifikasi data lagi. “Terakhir penyampaian verifikasi tanggal 16 dan 17 Agustus, kami akan lakukan verifikasi lagi pada 21 dan 22 Agustus 2013,” kata Andry.

Masyarakat yang belum merasa terdaftar sebagai pemilih bisa mengecek melalui SMS gateway yang disediahkan KPU Jatim. Caranya cukup ketik DP (spasi) NIK lalu kirim ke nomor 0896 222 666 35. “Kalau dari SMS itu belum terdaftar, masyarakat bisa langsung menghubungi RT/RW setempat di mana ia tinggal hingga segera bisa tercatat sebagai pemilih,” tambah Andry.

Sementara bagi warga Jatim yang masuk kriteria pemilih namun belum terdaftar sebagai pemilih hingga hari H pencoblosan, yang bersangkutan bisa langsung datang ke TPS di mana dilangsungkan pemungutan suara. (red)

Pada Pilgub Jatim 2013 ini diikuti 3 pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur (cagub-cawagub), yakni Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) yang diusung dan didukung Partai Demokrat, Golkar, Gerindra dan hampir seluruh partai politik parlemen maupun non parlemen. Pasangan Eggi Sudajana-M Sihat, dari jalur perseorangan dan Bambang DH-Said Abdullah, diusung dari PDIP.

Dalam pelaksanaan pemilihan gubernur disiapkan sebanyak 71.033 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Kabupaten dan Kota se Jawa Timur. (ms)

Foto : Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad

 

Related posts

Kemen PPPA Dorong Pencegahan Perkawinan Anak dengan Pendekatan Budaya

Ratusan Miliar Dana Haji Diinvestasikan untuk Bangun Kampus

redaksi

Tingkatkan Ekonomi Keluarga, Ketua TP PKK Arumi Bachsin Gelar Workshop Pengelolaan UP2K – PKK bagi Kader Desa/Kelurahan se Jatim

kornus