KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Jelang Ramadhan dan Lebaran, PT Anggaka Pura I Juanda Gelar Operasi Calo

Surabaya (KN) – PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya menggelar sweeping atau operasi terhadap para calo tiket yang beraksi di Bandara Juanda, Dalam operasi tersebut tim keamanan Juanda berhasil mengamankan 10 orang calo.Bandara JuandaManejer Keamanan PT Angkasa Pura, Pujiono ditemui wartawan usai sidak, Rabu (27/7), mengatakan, operasi ini digelar untuk mengantisipasi peredaran tiket palsu yang di jual oleh para calo menjelang Puasa dan lebaran.
“Kami sudah terlalu sering melakukan penertiban calo tiket yang biasa beroperasi, namun ibarat kuat-kuatan, mana yang kuat antara petugas keamanan bandara dan para calo tiket itu,” ujarnya.
Menurutnya, tidak mudah untuk membuat mereka jera, sebab tidak ada satu pun pasal pidana yang bisa mengkriminalisasikan mereka. Untuk itu dalam penertiban kali ini, mereka disuruh menandatangami surat pernyataan untuk  tidak mengulangi perbuatannya.
”Kalau masih melanggar pernyataan yang mereka tandatangani sendiri, mereka akan kita beri sanksi, yakni disuruh menemani para petugas jaga 2 x 24 jam di pos keamanan bandara, alias menahan mereka dua hari di sini,” tegasnya.
Ia menambahkan, menjelang puasa sampai Lebaran nanti pihaknya akan terus menggelar penertiban. Ini demi memenuhi keinginan pengunjung bandara yang menginginkan kenyamanan saat menggunakan angkutan udara.
Dikatakannya, sulitnya menertibkan calo tiket di bandara ini karena maskapai penerbangan tidak konsisten dalam menerapkan sistem penjualan tiket sesuai dengan nama pada KTP penumpang. “Meskipun sudah ada mekanisme tiket sesuai KTP, tapi ternyata masih ada kelonggaran,” ujarnya.
Maka itu ia mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket pada loket tiket resmi yang tersedia atau lewat biro-biro perjalanan resmi, sehingga tidak harus membeli dengan harga yang jauh lebih tinggi.
Menurut Pujiono, diantara calo yang tertangkap adalah wajah-wajah lama yang juga pernah tertangkap dalam penertiban sebelumnya. Mereka yang tertangkap ini lalu dihukum lari keliling lapangan parkir Bandara Juanda. Untuk para calo tiket yang sudah berumur dihukum push up dan scout jump di depan Pos Keamanan Bandara Juanda. (rif)

Foto : Suasana Bandara Juanda

Related posts

Gubernur Jatim Terbitkan Pergub Tentang Angkutan Sewa Khusus

kornus

Bayar Rp200 Ribu, Jadi Pelanggan Baru PDAM

kornus

Kapal Wisata KM Matahari Terbakar di Labuan Bajo

redaksi