KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Jelang HJKS Ke 719, 70 Peserta Meriahkan Parade Budaya dan Bunga

Surabaya (KN) – Menjelang Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke 719 yang jatuh 31 Mei 2012, Pemerintah Kota Surabaya kembali menyuguhkan Parade Budaya dan Bunga, Minggu (6/5). Tahun ini tema yang diusung “Semarak Surabaya dalam Keberagaman Budaya”. Diambilnya tema ini karena kota Surabaya merupakan etalase budaya Indonesia, khususnya Jawa Timur.

Parade tahun ini akan diikuti 70 peserta. Diantaranya 40 peserta mobil hias, sisanya ada marching band, tari-tarian kesenian daerah, fashion show dari Solo dan Jember. Selain itu, warga Surabaya juga akan dihibur berbagai kesenian tarian daerah di Taman Surya sambil menuggu peserta parade memasuki finish.

Sedangkan rute yang akan dilalui parade budaya dan bunga, Minggu (6/5), start di Tugu Pahlawan Jl Pahlawan Surabaya, melewati Jl Keramat Gantung, Gemblongan, Tunjungan, Pemuda, Yos Sudarso, dan finish di halaman Balai Kota Taman Surya Surabaya.

Menurut Sekretaris HJKS ke 719, Yayuk Eko Agustin menyampaikan bahwa animo warga Surabaya menyambut Parade Budaya dan Bunga ini sangat luar biasa. Buktinya, peserta kali ini banyak dari warga, Perguruan Tinggi, Sekolah, dan perusahaan swasta di Surabaya dan luar kota. Serta warga dari luar Jawa yang tinggal di Surabaya. Seperti komunitas masyarakat Maluku, Irian, Padang, Tapanuli, Kawanua dan warga Arab.

“Kalo tahun-tahun sebelumnya kita kerahkan Kecamatan-kecamatan untuk ikut memeriahkan Parade budaya dan bunga. Namun, tahun ini peserta hampir seluruhnya partisipasi dari warga Surabaya dan luar Surabaya,” kata Yayuk.

Peserta dari luar kota yang ikut parade budaya tahun ini yakni dari Pasuruan, Waringin Timur, Sampang, Pamekasan, Bandung, Jember, dan Tulungagung. Parade tahun ini dirasa sangat spesial. Sebab, Komunitas Jember Fashion Festival (JFC) juga turut memeriahkan parade budaya dan bunga. Selain itu juga diikuti komunitas Batik Festival dari Kota Solo.
Yayuk menyampaikan permintaan maaf Pemerintah Kota Surabaya kepada warga Surabaya. Apabila parade budaya dan bunga nantinya mengganggu kenyamanan warga Surabaya. Ia juga menghimbau bagi warga Surabaya selama parade berlangsung untuk tidak melewati jalur-jalur yang dilewati parade.

Pelaksanaan parade ini akan diberangkatkan dari Tugu Pahlawan pukul 14.30 WIB. Diperkirakan akan selesai sebelum Maghrib. “Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan terlalu lama. Saya sudah sampaikan kepada Polrestabes bahwa kegiatan ini akan selesai sebelum Maghrib.

Asumsinya, setiap diberikan kesempatan tampil dihadapan Walikota Surabaya di Taman Surya sekitar 3 menit setiap peserta,” terang Yayuk saat jumpa pers di ruang pers room kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya. Parade budaya dan bunga ini merupakan salah satu ikon wisata setiap HJKS dari tahun ke tahun Semenjak diselenggarakan parade wisatawan nusantara (wisnu), dan wisatawan mancanegara banyak yang berkunjung ke Surabaya.

“Pokoknya setiap HJKS Pemkot Surabaya akan terus menyelenggarakan kegiatan yang spektakuler untuk menarik wisnu dan wisman. Selama HJKS banyak event di Surabaya, jadi tidak akan rugi berkunjung ke Surabaya,” tuturnya. (anto)

Related posts

Resmikan Dua Jembatan di Kabupaten Trenggalek, Gubernur Khofifah Optimis Permudah Akses ke Sentra Ekonomi Baru

kornus

Diduga Lemah dalam Ungkap Kasus Korupsi, Kajati Jatim Palty Simanjuntak Dimutasi

kornus

Buka Pameran Kelistrikan PJB Connect 2022, Gubernur Khofifah : Pemprov Jatim Masif Kembangkan EBT

kornus