KORAN NUSANTARA
ekbis indeks Jatim

Jatim Penerima Investasi PMDN Tertinggi Di Indonesia

uangSurabaya (KN) – Jawa Timur menjadi penerima investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) tertinggi di Indonesia. Bank Indonesia (BI) Surabaya mencatat, peningkatan realisasi PMDN di Jatim pada triwulan I/2011 naik sebesar Rp 400 miliar menjadi Rp 2,5 triliun dari posisi akhir tahun 2010.
“PMDN di Jatim pada triwula I tahun 2011 sebesar Rp 2,5 triliun untuk 31 proyek, sedangkan triwulan sebelumnya hanya tercatat Rp 2,1 triliun dengan 28 proyek,” kata Pemimpin Bank Indonesia, Mohamad Ishak di Surabaya, Senin (27/6) sore.
Nilai realisasi investasi di Jawa Timur, menurut perkiraan BI masih akan terus mengalami peningkatan mengingat potensi sektor pertambangan dan pariwisata Jatim yang masih cukup prospektif untuk dikembangkan.
Ia menambahkan peningkatan ini didukung hadirnya fasilitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Jatim yang telah mendapat penghargaan sebagai Penyelenggara Terbaik Pertama PTSP di Indonesia, bersaing dengan 130 PTSP di bidang penanaman modal lainnya.
Meski penanaman modal dalam negeri mengalami peningkatan, secara umum, realisasi investasi di Jatim mengalami penurunan pada Triwulan I tahun 2011 ini. Tingkat investasi di Jatim mengalami penurunan menjadi 5,03% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy) yang tercatat 7,08%.
Penurunan ini akibat merosotnya realisasi penanaman modal asing (PMA). BI mencatat realisasi investasi PMA di Jatim pada Triwulan I/2011 tercatat 277 juta dolar AS untuk 15 proyek. Jumlah ini turun dibanding triwulan sebelumnya yang nilainya tercatat 300 juta dolar AS untuk 53 proyek.
Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur dihadapan para pengusaha mengungkapkan investasi di Jawa Timur dinilai jauh lebih menjanjikan dibanding investasi di provinsi atau kawasan lain. Sebab, perekonomian Jatim lebih efisien, sehingga return investasi akan lebih besar dan cepat. (ms)

Related posts

Ditantang Wali Kota, UMKM Jahit Kembali Bangkit

kornus

Kapuspen TNI : Pernyataan Panglima TNI di Akun Facebook Siti Humairoh adalah Hoax

kornus

Khofifah Minta Banyuwangi Siapkan Pra Conditioning Proyek Selingkar Ijen