KORAN NUSANTARA
Hankam Headline indeks Jatim

Hadiri Sertijab dan Pisah Sambut Pangkoarmada II, Wagub Emil Harap Sinergi Pemprov Jatim dan TNI-AL Terus Menguat

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri Serah Terima Jabatan dan Pisah Sambut Panglima Komando Armada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat kepada Panglima Komando Armada II Baru yaitu Laksda TNI Maman Firmasyarah.

Sertijab serta Pisah Sambut ini diselenggarakan di Dermaga Ujung Komando Armada II Surabaya, Senin (27/2), dan turut dihadiri oleh Laksamana Madya TNI Herru Kusmanto dan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf.

Di kesempatan ini, mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil menyampaikan terimakasih dan apresiasinya atas dedikasi Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat atau Cokky Hutabarat untuk Jawa Timur.

“Saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan, serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan segala pengabdian Panglima Komando Armada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat kepada masyarakat Jawa Timur,” sebutnya.

“Khususnya dalam pelaksanaan tugas-tugas strategis dengan misi mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada pelaksanaan program percepatan pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19 bagi warga Jawa Timur,” imbuhnya.

Wagub Emil mengucapkan selamat datang kepada Laksda TNI Maman Firmansyah yang akan mengemban jabatan Pangkoarmada II selanjutnya.

“Saya ingin pula menggunakan kesempatan yang baik ini untuk mengucapkan selamat kepada Laksda TNI Maman Firmansyah yang ditunjuk sebagai Panglima Komando Armada II menggantikan Laksda TNI. T.S.N.B. Hutabarat. Jabatan baru yang akan diemban merupakan bentuk apresiasi atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini sekaligus amanah dan kepercayaan untuk dijawab dengan kinerja dan prestasi yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Emil menyebutkan bahwa adanya pergantian jabatan diperlukan untuk perkembangan dan kemajuan suatu institusi. Pasalnya, ini menjadi sarana pertukaran ilmu dan pembinaan bagi setiap anggota bahkan pimpinan di suatu institusi. Secara khusus Emil berharap agar pertukaran pengalaman ini dapat menghadirkan imbas baik yang berkelanjutan bagi Jatim.

“Rotasi jabatan dalam sebuah institusi merupakan sebuah keniscayaan untuk menjadikan institusi tersebut lebih baik lagi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya,” tegasnya.

“Pergantian pejabat diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan pembinaan organisasi kearah yang lebih baik. Saya percaya dengan karakter, tekad, dedikasi dan pengalaman tugas sebelumnya para pejabat baru akan mampu mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya dalam membangun Komando Armada II di Jatim sebagai tulang punggung tegaknya NKRI,” tambahnya.

Mantan Bupati Trenggalek itu mengimbau kepada jajaran TNI-AL untuk dengan getol melakukan Inisiatif, Kolaborasi, dan Inovasi (IKI). Apalagi TNI-AL adalah salah satu pihak yang melakukan sinergi intens serta berkelanjutan dengan Pemprov Jatim.

“Semoga jajaran TNI-AL ini senantiasa menjadi penguatan sesuai dengan dinamika yang berkembang. Selain itu, semoga TNI-AL mampu menjadi bagian dari pembangunan yang harus berkelanjutan. Hal ini juga menjadi bagian yang membantu bagaimana sinergitas partnership dan kolaborasi berjalan dengan baik,” katanya.

“Hal ini sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Ibu Gubernur Jawa Timur pada pidato beliau di Hari Jadi Jawa Timur ke-77 lalu. Beliau menyampaikan untuk melakukan IKI – Inisiatif, Kolaboratif dan Inovasi. Untuk itulah, saya optimis bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan TNI-AL bisa terus menjaga sinergitas dengan mempedomani IKI,” Emil menambahkan.

Wagub Emil melanjutkan, sinergi antara Pemprov Jatim dan TNI-AL di antaranya menyangkut percepatan penanganan Covid-19 semenjak 2020 lalu. Seperti dengan membuka gerai-gerai vaksinasi dan menyiapkan tempat tidur untuk rumah sakit darurat. Bahkan, TNI-AL juga berkontribusi pada pemulihan masyarakat pesisir pasca pandemi.

“Upaya pemberdayaan masyarakat desa terutama di wilayah pesisir ini dilakukan dengan sangat baik. Kebutuhan masyarakat pesisir benar-benar diperhatikan karena masyarakat dapat menjadi salah satu agen perubahan dalam proses pembangunan yang berkelanjutan,” pujinya.

Tak berhenti di situ, bersama Pemprov Jatim TNI-AL juga menggencarkan pembangunan serta renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) untuk masyarakat pesisir pada September 2022 hingga Desember 2022 lalu. Kiat-kiat kolaborasi ini memperkuat meningkatnya standar kesejahteraan dan perekonomian masyarakat wilayah pesisir Jatim.

Diketahui, sebanyak 225 rumah, disediakan bagi masyarakat di beberapa daerah di jawa timur, yakni 53 rumah di Kabupaten Sumenep, 47 rumah di Kabupaten Bangkalan, 15 rumah di Kabupaten Gresik, 30 rumah di Kabupaten Lamongan, 30 rumah di Kabupaten Probolinggo dan 50 rumah di Kabupaten Situbondo.

“Yang patut dipuji juga salah satunya adalah program Karya Bhakti TNI AL dan renovasi Rutilahu khususnya bagi masyarakat pesisir di wilayah provinsi jawa timur yang berlangsung pada pertengahan bulan September 2022 sampai dengan pertengahan bulan Desember 2022 lalu,” lanjutnya.

Di akhir, Wagub Emil berharap agar kontribusi Pangkoarmada II baru Laksda TNI Maman Firmasyarah dapat menghadirkan pengalaman baru sekaligus melanjutkan program strategis yang telah berjalan selama ini sembari terus berinovasi.

“Selamat datang dan selamat bertugas kepada Panglima Komando Armada II yang baru Laksda TNI Maman Firmasyarah. Selamat mengemban amanah yang baru, dengan harapan dapat melanjutkan program-program strategis yang telah dilaksanakan oleh pejabat sebelumnya khususnya dalam mempertahankan kedaulatan negara,” sambutnya.

Juga kepada Laksda TNI Cokky Hutabarat,  Emil menyampaikan rasa hormatnya atas sinergi yang terjalin selama satu tahun ini. Mantan Bupati Trenggalek ini pun mengingat beberapa momen kebersamaan seperti menyusuri Sungai Kalimas bersama untuk revitalisasi sungai menjelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI.

“Inu juga merupakan wujud rasa hormat kami dari Pemprov Jatim atas sinerginya yang luar biasa hari ini. Saya jadi mengingat beberapa momen kebersamaan kita seperti menyusuri Sungai Kalimas bersama untuk bersih-bersih dan melihat proses revitalisasi sungai,” tutupnya.

Di kesempatan itu juga, Laksda TNI Maman Firmasyarah yang sebelumnya mengemban jabatan sebagai Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III menyampaikan rasa hormatnya kepada jajaran Koarmada II atas dukungan yang kelak diberikan selama mengemban jabatan Pangkoarmada II.

“Terima kasih banyak atas amanah ini. Mohon doa dari seluruh hadirin karena kami diberikan kesempatan untuk mengemban amanah ini. Mohon dukungan dari semuanya,” ia menyampaikan. (KN01)

 

Related posts

Bhakti Kesehatan Indobatt Untuk Masyarakat Deir Seriane

kornus

Mabes TNI AU siapkan tiga Unit Pesawat tempur Amankan KTT ASEAN

BI Terbitkan Aturan baru soal Implementasi PP 36/2023 tentang DHE SDA