KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Gubernur Lantik Pejabat Eselon II, Mutofa Chamal Basya Jadi Staf Ahli

Surabaya (KN) – Gubernur Jawa Timur Dr H.Soekarwo melantik dan memimpin acara serah terima jabatan pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Jatim, di Ruang Bhinaloka Kantor Gubernur Jawa Timur, Senin (10/10). Pejabat yang dilantik, antara lain Drs Sukardi M.SI menjadi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Madiun, Ir Sukiman M.Si menjadi Sekkab Trenggalek, Ir Cipto Wijono M.Si menjadi Kepala Bakorwil Bojonegoro, Dr Idrus M.Si menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Prov Jawa Timur, dan Ir Mustofa Chamal Basya MM menjadi Staf Ahli Gubernur Jawa Timur Bidang pemerintahan.

Dalam sambutannya Gubernur Soekarwo mengatakan, pelantikan tersebut sesuai dengan PP Nomor 19 tahun 2010 junto PP Nomor 23 Tahun 2011 pasal 4 Ayat I. Dalam hal ini Gubernur berwenang menetapkan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota. Begitu pula prinsip dasarnya mutasi eselon II Gubernur yang mengaturnya. Tentunya ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan pasal 9 Ayat I poin 6 terkait pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten/Kota.

Dikatakannya, ada dua modal dasar penting di era reformasi dalam fungsi gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat, yakni menjaga NKRI dan kebhenekaan, serta Pancasila dan UUD 1945. TNI Polri dan birokrasi sebenarnya sebagai penjaga tiang NKRI dan tidak ada yang berbeda diantara seluruh daerah-daerah di NKRI. Ini merupakan langkah awal dalam membangun Jawa Timur agar tidak terpecah-pecah antara Kabupaten/Kota dan provinsi.

Gubernur menjelaskan, sumpah yang diucapkan para pejabat eselon II yang dilantik mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara Republik Indonesia, yakni jiwa memelihara menyelamatkan Pancasila dan UUD 1945. “Sumpah yang saudara ucapkan disamping disaksikan diri sendiri oleh semua yang hadir, juga disaksikan tuhan yang Maha Esa karena dia maha mengetahui. Kepada tuhanlah pertanggung jawaban akan saudara berikan. Sumpah ini merupakan janji terhadap Tuhan yang Maha Esa yang harus ditepati dengan segala keiklasannya dan kejujuran,” tandasnya. (yok)

 

Foto : Gubernur Jatim Soekarwo lantik pejabat eselon II

Related posts

Satgas Kizi TNI di Haiti Bangun Landasan Helly Pad dan Lapangan Tembak

kornus

Jokowi Sambangi Pengungsi Gempa Palu-Donggala di Bandara Sis Al-Jufri

redaksi

DPRD Jatim Minta Dinas Pendidikan Mengevaluasi Kepala SMKN 1 Surabaya

kornus