KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Forkopimda Jatim Kembali Kirim Bantuan Logistik Melalui KRI dr Soeharso ke Masalembu

Gubernur Khofifah bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Mayjen TNI Farid Makruf dan Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah melepas pemberangkatan bantuan pangan Pulau Masalembu Kabupaten Sumenep, Sabtu (4/3/2023) sore.

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Bersama Pangdam V Brawijaya dan Pangko Armada 2   kembali mengirimkan bantuan logistik pangan untuk masyarakat yang ada di Pulau Masalembu Kabupaten Sumenep.

Sore ini, Sabtu (4/3/2023), Gubernur Khofifah bersama Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Mayjen TNI Farid Makruf dan Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah melepas pemberangkatan bantuan pangan yang dibawa dengan menggunakan KRI dr Soeharso.

Gubernur Khofifah mengatakan bantuan yang dikirim sore ini melengkapi bantuan logistik yang sebelumnya telah dikirimkan menggunakan KRI Malahayati 362. Dengan ukuran yang lebih besar, KRI dr Soeharso mengangkut bantuan logistik pangan dan tabung gas elpiji.

“Yang paling dibutuhkan masyarakat di sana adalah beras dan juga elpiji. Jadi karena yang kemarin kan kapalnya tidak sebesar ini, elpiji dan beberapa sembako  tidak bisa terangkut ,  sekarang ini sudah terangkut  semua oleh KRI dr Soeharso  ,” kata Gubernur Khofifah.

Bantuan yang dikirim sore ini meliputi 16-ton beras, 300 tabung gas elpiji berukuran 3kg, 41 kardus minyak goreng, 20 kardus gula, 21 kardus biskuit, 10 kaleng roti kaleng, 10 kardus susu kental manis, 12 kardus sarden, 30 kardus ikan kaleng, dan 5 kardus susu coklat bubuk. Bantuan tersebut adalah bantuan dari Pemprov Jatim, Kodam V Brawijaya dan juga Koarmada II untuk masyarakat Masalembu.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu terakhir, perairan di sekitar Pulau Masalembu sedang tidak bersahabat akibat cuaca buruk yang menyebabkan ombak tinggi.

Akibatnya, pengiriman logistik bahan pangan yang biasa diangkut menggunakan kapal biasa tidak bisa dilakukan. Sehingga masyarakat di pulau Masalembu beberapa waktu belakangan ini mengalami kelangkaan pasokan bahan pangan.

“Rencananya kapal ini akan tiba di Pulau Masalembu besok pagi. Menurut Pangkoarmada II, jam 05.00 WIB sudah sandar di sana,” ungkapnya.

Di sisi lain, Gubernur Khofifah pun memastikan bahwa logistik yang telah dikirimkan dengan kapal sebelumnya telah didistribusikan kepada masyarakat di Pulau Masalembu. Begitu pula dengan bantuan yang hari ini dikirim, dipastikan akan segera didistribusikan begitu sampai di sana.

“Dan ini besok akan langsung didistribusikan, ada tim BPBD yang sudah di sana,” tegasnya.

Gubernur Khofifah berharap bantuan yang dikirimkan kepada masyarakat di Pulau Masalembu akan sangat membantu dan bermanfaat bagi mereka.

Sementara itu Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah menyampaikan jajaran Koarmada II dan Angkatan Laut akan selalu siap membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat Jawa Timur.

Pangkoarmada II juga menegaskan sebagai daerah dengan jumlah pelaut yang paling besar, ia berkomitmen akan terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menyelesaian permasalahan yang ada di masyarakat. Seperti halnya bantuan yang dikirim hari ini.

“Ini adalah trip kedua untuk pengiriman bantuan bagi saudara-saudara kita di Masalembu. Saat ini ombak cuaca tidak mendukung kapal kapal yang biasanya dipakai oleh mereka masyarakat Masalembu. Jadi sekarang warga masyarakat di sana sangat memerlukan bantuan sembako dan alhamdulillah ibu gubernur yang baik ini mengajak untuk bersama sama membantu,” kata Pangkoarmada II Laksda TNI Maman Firmansyah. (KN01)

 

Related posts

Wanita Komplotan Pengedar Pil Koplo Di KEdiri Diringkus Polisi

kornus

Panglima TNI Hadiri Pameran Industri Alpalhankam Dalam Negeri di Kemenhan

kornus

Kodim Pasuruan Laksanakan Pembekalan Komunitas Intelejen Daerah

kornus