KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Bagi Siswa Berprestasi Bebas Seleksi Masuk Sekolah Negeri

siswaSurabaya (KN) – Calon siswa yang memiliki prestasi  di bidang olahraga, seni, dan lingkungan, termasuk juga di antaranya bagi siswa yang orang tuanya memegang kartu keluarga miskin, dapat keistimewaan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah negeri Surabaya, yakni bebas seleksi.

“Yang berprestasi akan mendapatkan keistimewahan, bisa masuk sekolah negeri tanpa proses seleksi,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Surabaya Drs H Sahudi MPd di Surabaya, Kamis (9/6).

Sahudi mengatakan, Dindik Surabaya, pada PPDB tahun ajaran 2011/2012 menerapkan dua jalur penerimaan, yakni  lewat jalur reguler yang melalui proses seleksi berdasarkan nilai akhir serta jalur non seleksi bagi siswa berprestasi.

Untuk siswa berprestasi harus menyertakan bukti prestasi ke sekolah tujuan untuk mendaftar. Sedangkan untuk siswa dari keluarga tidak mampu menyertakan KSK, KTP serta kartu gakin. Dindik Surabaya juga memberikan kuota sebesar 5 persen bagi siswa dari masyarakat miskin (maskin).

Untuk diketahui, setiap tahunnya di Surabaya tercatat rata-rata lulusan yang menjadi calon siswa baru berjumlah 32 ribu hingga 42 ribu. Untuk jenjang SD yang masuk ke SMP berkisar antara 40-42 ribu. Lulusan SMP ke SMA berjumlah 38-39 ribu. Sedangkan lulusan SMA berjumlah 32-34 ribu.

Dari data tersebut, kuota lima persen kursi untuk siswa maskin akan berkisar antara 2.000-2.100 kursi untuk jenjang SD dan SMP. Sedang untuk jenjang SMA berkisar antara 1.900-1.950 kursi.

Pemberian kuota khusus siswa maskin ini dimaksudkan untuk memberi peluang kepada siswa maskin agar dapat mengakses pendidikan bermutu di sekolah-sekolah yang ada  di Surabaya.

”Kami juga memberikan alokasi kuota 1 persen pada siswa luar kota untuk ikut bersaing memperebutkan pagu sekolah di Surabaya. Ini tidak berlaku pada siswa lulusan SMP luar kota yang orangtuanya berdomisili di Surabaya,” katanya

Sementara itu, pembukaan PPDB untuk seluruh tingkatan sekolah mulai dari SD/SMP/SMA/SMK di Surabaya yang dilakukan secara online atau lewat sekolah-sekolah serentak akan  dimulai pada 30 Juni  hingga 2 Juli 2011 mendatang. Pengumumannya akan digelar 4 Juli 2011.

Terkait pendaftaran untuk tingkat SMA, Sahudi menjelaskan, pendaftarannya didasarkan pada nilai akhir sekolah, yaitu nilai Ujian Nasional (UN) dan nilai Ujian sekolah SMP. Selain itu, dikatakannya, dalam pendaftaran SMAN, calon siswa baru juga  dapat memilih beberapa sekolah pada satu sub rayon wilayah kawasan dan diberi peluang memilih satu sekolah pada sub rayon dalam satu wilayah kawasan atau di luar sub rayon wilayah kawasan. (rif)

Foto : Ilustrasi siswa berprestasi

Related posts

Mendagri Desak Pemda Terapkan Transaksi Nontunai

redaksi

Aster Panglima TNI : Generasi Muda Perlu Miliki Karakter Pancasilais

kornus

TNI Rekrut Lulusan Sarjana Untuk Jadi Perwira TNI

kornus