KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

Antisipasi Keamanan Lebaran 2011, Polda Jatim Kerahkan 16 Ribu Personil

irjen-hadiatmoko===Surabaya (KN) – Guna mengantisipasi keamanan dan ketertiban selama Lebaran 2011, Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur akan mengerahkan sebanyak 16 ribu personel melalui operasi kendali pusat.“Ada 16 ribu personil dari seluruh jajaran Polda Jatim akan kami terjunkan dalam pengamanan arus mudik dan balik lebaran kali ini. Personel yang dikerahkan itu juga sebagai dukungan program yang dicanangkan dalam mudik dan balik Lebaran 2011. Kami ingin masyarakat di Jatim bisa aman, tentram dan lancar saat mudik dan merayakan lebaran,” ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko saat dikonfirmasi di Mapolda Jatim, Senin (8/8).
Sasaran operasi adalah tempat peribadatan umat Islam, pusat perbelanjaan, pemukiman yang ditinggal pemudik, jalan raya, terminal, tempat rekreasi, dan objek vital. “Karena itu, kami akan melakukan pengamanan pada tempat-tempat itu agar tidak dimanfaatkan untuk kebut-kebutan, perdagangan petasan, dan kasus kontijensi seperti bencana alam, teror, dan sejenisnya,” terangnya.
Selain itu, pihaknya juga telah mempunyai program untuk mengatasi kemacetan dan kecelakaan yang biasa terjadi pada arus mudik dan balik lebaran. Yaitu program mudik awal dan balik awal, dimana akan diberikan pengawalan kepada para pemudik yang menggunakan sepeda motor.
“Ya, kita punya program untuk keselamatan mudik. Kita akan kawal siapapun pemudik yang menggunakan motor. Maka itu, bila ada satu grup pemudik yang akan berangkat pulang dengan motor, kami imbau untuk segera melapor dulu agar mendapat pengawalan petugas,” tuturnya.
Disamping itu, untuk kenyamanan mudik lebaran, pihaknya  telah mensurvei beberapa masjid di jalur mudik Jatim yang mempunyai lahan parkir luas untuk dijadikan masjid bintang. “Pada masjid bintang ini kami akan sediakan menu sahur dan buka puasa secara gratis untuk para pemudik dan masyarakat umum. Namun untuk berapa titiknya, saat ini kami sedang menghitungnya,” tambah Irjen Pol Hadiatmoko.
Kapolda jatim juga mengharap dengan program masjid bintang ini, masyarakat dan pemudik akan merasakan kenyamanan pelayanan mudik dari Polisi. (anto)

Foto : Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko

Related posts

Persiapan Puncak Latihan YTP R-100 /PS, Pangdam I/Bukit Barisan dan Danpuslatpur Tinjau Latihan Dengan Helikopter

kornus

Panglima TNI : Keberadaan Prajurit TNI di Daerah Terpencil Dapat Mengisi Kekosongan Tenaga Pendidikan

kornus

Panglima TNI dan Tokoh Lintas Agama Ngopi Bareng di KRI Bima Suci 945

kornus