KORAN NUSANTARA
Headline indeks Nasional Surabaya

ITS Sukses Cetak 4.010 Lulusan Unggul dalam Wisuda ke-128

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng.

Surabaya (mediakorannusantara.com) –Gelaran Wisuda ke-128 Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali hadir dengan meriah lewat partisipasi dari 4.010 wisudawan yang resmi dinyatakan lulus oleh Rektor ITS, Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng, Sabtu (16/9). Dalam momentum bahagia ini, prosesi wisuda akan digelar selama empat hari, pada 16-17 September 2023 dan 23-24 September 2023.

Rektor ITS, yang kerap disapa Ashari itu menyambut baik para wisudawan yang telah lulus dari berbagai jenjang program pendidikan Sarjana Terapan (D4), Sarjana (S-1), Magister (S-2), dan Doktor (S-3). “Dengan semangat membara, saya umumkan sebanyak 1.758 wisudawan berhasil meraih predikat cum laude, mengukuhkan prestasi gemilang Kampus Pahlawan ini,” jelasnya.

Pada hari pertama prosesi wisuda, Sabtu (16/9), terdapat 949 wisudawan dari Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) dan Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) yang mengikuti prosesi wisuda. Dilanjutkan pada hari kedua, Minggu (17/9), yang akan diikuti oleh 796 wisudawan dari Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) dan Sekolah Interdisiplin Manajemen dan Teknologi (SIMT).

Sementara di hari ketiga, Sabtu (23/9) mendatang, diikuti sebanyak 1.124 wisudawan dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Kota (FTSPK) dan Fakultas Vokasi (FV). Hari terakhir, Minggu (24/9), prosesi Wisuda ke-128 akan diikuti oleh 941 wisudawan dari Fakultas Teknik Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) dan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD).

Wisuda ke-128 kali ini tak hanya diwarnai oleh kehadiran para wisudawan, tetapi menjadi momen istimewa dengan hadirnya orang tua mereka. Kejutan spesial juga datang dari para wisudawan terbaik yang telah mengukir prestasi gemilang. Dyah Putri Nariswari dari Departemen Teknik Informatika dengan IPK sempurna 4,00, menjadikannya wisudawan terbaik S-1. Selain itu, Maria Ulfa Yanuar, mahasiswa D4 Departemen Statistika Bisnis, sukses mencapai IPK 3,86.

Pada program S-2 terdapat tujuh wisudawan yang berhasil meraih IPK maksimal. Wisudawan tersebut ialah Edo Danilyan dari Departemen Biologi, Ahmad Burhani dari Departemen Teknik Fisika, Rohmat Hidayatulloh dan Sunarko dari Departemen Manajemen Teknologi. Selain itu, Arizal Bawasir dari Teknik Geomatika, Dhimas Wahyu Firmansyah dari Departemen Teknik Informatika, serta Nur Afandi dan Rama Yusuf Mahendra dari Departemen Teknik Elektro juga meraih predikat yang sama.

Tak berhenti disitu, sebanyak 13 wisudawan tercatat menjadi wisudawan terbaik dari program S-3. Mereka ialah Allif Rosyidy Hilmi dari Departemen Fisika (by Research), Iwan Iwut Tritoasmoro dari Departemen Manajemen Teknologi, FX Ferdinandus dari Departemen Teknik Elektro, serta Chaldir Chalaf Islamy dan Dwi Sunaryono dari Departemen Ilmu Komputer (by Research).

Selanjutnya, dari program S-3 Kimia, yakni Badrut Tamam Ibnu Ali, Asranudin, Dina Kartika Maharani, dan Rifaldi. Lalu, dari program S-3 Teknik Kimia, yaitu Lintang Alivia Anggerta dan Akbarningrum Fatmawati. Serta dua terakhir, dari program S-3 Statistika ialah Moch Abdul Mukid dan Idhia Sriliana. “Untuk itu, kami ucapkan selamat dan sukses bagi wisudawan yang mencapai titik indah di Wisuda ke-128,” ucap alumnus Teknik Elektro ITS itu.

Pada kesempatan ini, ITS juga meluluskan sembilan mahasiswa asing yang tergabung dalam program joint degree. Mahasiswa tersebut berasal dari Kamboja, Timor Leste, Madagaskar, dan Suriah. Hal itu membuktikan ketercapaian ITS sebagai perguruan tinggi terbaik dengan peringkat 621-630 pada pemeringkatan dunia QS World University Rankings (QS WUR) 2024.

Terakhir, menyemangati wisudawan, Ashari pun memberikan pesan untuk selalu menjaga budi pekerti para lulusan. Dengan budi pekerti dan ilmu yang dimiliki, capaian ini berkontribusi penuh kepada almamater, bangsa, dan negara agar lebih lebih sejahtera. “Selamat berjuang, selamat berkontribusi, majukan negerimu, besarkan bangsamu,” tandasnya penuh semangat. (jack)

Related posts

Surabaya Shooting Tournament 2021 Jadi Penyambung dan Pererat Persahabatan Antar Kepala Daerah

kornus

Bahas Bagi Hasil Terminal Purabaya, DPRD Surabaya Tolak Permintaan Pemkab Sidoarjo

kornus

Dinilai Membuat Kesenjangan Antara PTS dan PTN, Kemenristekdikti Akan Hapus Kopertis

kornus