KORAN NUSANTARA
Headline hukum kriminal indeks

27.257 Personil Polda Jatim Siap Amankan Pemilu 2014

polda-periksa-peralatan-pemiluSurabaya (KN) – Persiapan untuk pengamanan pemilu 2014 di Jawa Timur, Kapolda Jatim Irjen Pol Unggung Cahyono dan Pejabat utama di Mapolda melakukan pengecekan Semua peralatan dan persenjataan yang dimiliki Polda jatim.Karo Ops Polda Jatim Kombes Pol Mamboing di Mapolda Jatim, Rabu (5/2/2014) mengatakan, peralatan yang disiapkan oleh Polda yaitu seperti mobil baracuda, AWD, kapal, mobil SAR, persenjataan anggota, bahkan robot milik Sat Brimob yang berfungsi untuk mendeteksi bom dan menangani teroris.

Ia menjelaskan, ada dua jenis alat yang hari ini dilakukan pengecekan. Yakni Alsus (alat khusus) dan Alut (alat utama). Alsus itu termasuk persenjataan dan sebagainya, sedangkan Alut adalah peralatan besar seperti baracuda, AWD, kapal, mobil SAR, ambulans, dan sebagainya.

“Saat ini semuanya dalam kondisi baik. siap untuk digunakan. Tidak ada yang macet maupun bermasalah. Termasuk persenjataan yang sudah berusia tua, juga masih bagus karena terus dilakukan perawatan,” ujarnya.

Selain di Polda Jatim, semua Polres jajaran juga diperintahkan untuk melakukan pengecekan terhadap peralatan dan persenjataannya menjelang pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini.

“Setelah ini, bakal ada lagi pemeriksaan peralatan dan persenjataan. Kemudian, pengecekan peralatan, persenjataan dan pasukan yang bakal digelar dalam apel besar menjelang pengamanan pemilu 2014,” terangya.

Dalam pengamanan Pemilu 2014, Polda Jatim akan mengerahkan sebanyak 27.257 personil. Termasuk personil dari Polda Jatim sendiri dan personil dari semua Polres jajaran. Tak menutup kemungkinan, bakal ada bantuan personil dari Polda lain.

Selain itu, pengamanan pemilu di Jawa Timur juga melibatkan 8.100 personil TNI serta 152.113 Linmas. Selain peralatan, persenjataan dan personil, Polisi juga sudah melakukan pemetaan kerawanan dan pola pengamanannya.

Mulai dari tahapan kampanye, masa tenang, pemungutan suara, perhitungan, hingga pelantikan calon terpilih. Data di Biro Ops Polda Jatim menyebutkan, di Jawa Timur totalnya ada 40.045.049 orang. Dari jumlah itu, yang memiliki hak pilih jumlahnya mencapai 30.45.935 orang. Secara keseluruhan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Jawa Timur ada 68.115 TPS. (wan)

Related posts

Warga Musiman di Surabaya Bisa Urus SKTS Secara Online

kornus

Pemkab Jayapura minta Pertamina menjalin kerja sama dengan BUMKam

Gunung Semeru Meletus, Ini Langkah Cepat Gubernur Khofifah

kornus