KORAN NUSANTARA
ekbis indeks Jatim

2012 Pemprov Jatim Rencanakan Pengembangan Ekonomi Kreatif

Surabaya (KN) – Guna lebih meningkatkan ekonomi di tahun 2012, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai merencanakan pengembangan ekonomi kreatif. Pemprov Jatim melalui Biro perekonomian dan Badan Perencanaan Provinsi Jawa Timur membentuk kelompok kerja (pokja) guna mengembangkan hal ini.

“Pengembangan ekonomi dan industri kreatif di Jatim masih belum terkoordinasi maksimal seperti di Jawa Barat, untuk itu kami ingin mengembangkan dalam satu koordinasi, guna penciptaan lapangan kerja yang berdampak pada penyerapan tenaga kerja,”ujar Lena Wahyumarwati, Kabag Sarana Perekonomian Pengembangan Teknologi, dalam rapat pembentukan pokja pengembangan ekonomi kreatif, Kamis (12/10).

Ia menambahkan, industri kreatif ini sangat berpontensi dalam menumbuhkan industri lain. Tidak hanya itu, industri kreatif ini juga mampu meningkatkan wisatawan untuk berkunjung dalam membelanjakan uangnya sehingga perputaran perekonomian berkembang dengan baik.

Dia mengakui ekonomi kreatif banyak dikembangkan UKM. Namun, tidak semua UKM di Jawa Timur bisa dikategorikan industri kreatif. “Di Jatim ada 4,2 juta sedangkan yang memberikan kontribusi PDRB sebesar 53,82 persen. Namun tidak semua bisa dikategorikan industri kreati,”ujarnya.

Dijelaskannya, pembentukan pokja pengembangan ekonomi kreatif sebagi tempat pembinaan agar kegiatan pengembangan berjalan fokus, sistematis dan terintegrasi. Di antara langkah-langkah pembinaan tersebut adalah mendorong kualitas dan kuantitas pelaku industri kreatif dan menjamin ketersediaan bahan baku.

Lena menambahkan, pembinaan industri kreatif ini dimaksudkan agar memberi kemudahan akses pembiayaan bagi pelaku serta alih teknologi dan informasi terhadap kepentingan pelaku industri kreatif.

Ada tiga pokja yang akan berupaya mengembangkan ekonomi kreatif. Antara lain pokja Sumber Daya Manusia dan Teknologi, pokja Pengembangan dan Eksplorasi Budaya lokal, dan pokja Pengembangan Industri Kreatif.

Beberapa program yang akan dijalankan oleh pokja dalam mengembangkan Ekonomi kreatif ini diantaranya adalah meningkatkan jumlah enterpreneur dan peningkatan SDI kreatif. (yok)

Related posts

Amankan Natal dan Tahun Baru, Polda Jatim Siapkan 12. 852 Personil

kornus

Empat Pejabat Utama Polda Jatim Masuk Gerbong Mutasi

Respati

BLH Surabaya Gelar Sosialisasi Adiwiyata Kepada Ratusan Guru

kornus