KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Ziarah ke Makam Bung Karno, SBY Mengenang Sosok Idola dan Istimewa

Blitar (mediakorannusantara.com) – Turun ke Jawa Timur, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyempatkan diri berkunjung ke Masjid Ar- Rahman Kota Blitar dan ziarah ke Makam Bung Karno, Jumat (8/12/2023).

“Saya punya nostalgia dengan makam Bung Karno. Beliau adalah tokoh yang sangat saya cintai. Perjuangan beliau sejak muda yang ingin Indonesia merdeka dilakukan bahkan dengan resiko harus melawan kolonialisme dan masuk penjara,” ungkap SBY, saat berziarah di makam Proklamator RI Sukarno.

Bagi SBY, makam Bung Karno memiliki memori istimewa, sebab di pusara tersebut, Ibunda SBY, Siti Habibah berdoa kepada Allah SWT agar SBY bisa jadi pemimpin di Indonesia.

“Ibu saya Siti Habibah pernah tinggal di Blitar 40 tahun. Ibu saya tirakat puluhan tahun, puasa tiap hari, dan saya ingat saya diajak ziarah saat saya masih Taruna Akademi Militer dan Ibu saya berdoa dipusara ini. Ya Allah semoga anak saya kelak akan menjadi pemimpin seperti Bung Karno,” kata SBY

“Allah mengizinkan, dan saya menjadi pemimpin di negeri ini,” lanjutnya.

Bagi SBY, Sukarno adalah sosok idola dan istimewa. Saat masih SMP, SBY mengaku betah mendengarkan pidato Bung Karno lewat radio di Alun-Alun Pacitan yang perdengarkan lewat pengeras suara.

“Dulu belum ada tivi, yang ada (radio) transistor. Meski 1 jam lebih pidatonya saya tidak beranjak, karena saya mencintai pidato beliau,” ungkap SBY menceritakan romantisme kecil dengan sosok Sukarno.

Kedatangan SBY ke Blitar seperti pulang kampung saja, dan kedatanganya ke Makam Bung Karno murni untuk berziarah, bukan untuk kepentingan poltiik.

“Kebetulan ada turnamen pertandingan voli tim LavAni yang bertanding di Kediri, saya juga memanfaatkan menyambangi beberapa kabupaten kota di Jatim. Meski ini adalah masa kampanye namun kedatangan saya ke Makam Bung Karno sama sekali tidak ada kaitannya dengan agenda politik apapun,” tegas dia. (KN01)

 

 

Related posts

Panglima TNI Bersama Kapolri Pimpin Apel Pengamanan Natal dan Tahun Baru

kornus

Arumi Ajak Semua Elemen Pemerintah dan Masyarakat Tekan Angka Stunting

kornus

Pemerintah Buka Pendaftaran 19.210 CPNS

kornus