KORAN NUSANTARA
Headline indeks Nasional Surabaya

Wali Kota Bungkam Protes DPRD Surabaya Penolakan KBS Buka Malam

Wali KotaSurabaya Eri Cahyadi.

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Rencana wahana baru Night Zoo di Kebun Binatang Surabaya (KBS) pada malam hari diwarnai pro kontra. DPRD Surabaya melalui Wakil Ketua Komisi B, Anas Karno menolak rencana tersebut, sementara sebagian warga dan pedagang sekitar KBS menyambut gembira.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku menyetujui adanya wahana Kebun Binatang malam atau Night Zoo tersebut. Tetapi, asalkan tidak melanggar aturan dan mengganggu hewan.

“Kalau yang terbaik untuk masyarakat dan tidak melanggar aturan. Kenapa tidak? yang penting tidak melanggar peri kehewanan,”kata Eri, Jumat (3/2/2023).

Eri mengatakan, KBS sudah bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Mereka telah melakukan kajian-kajian. Nantinya, BKSDA yang akan menyampaikan kajian tersebut kepada masyarakat.

“Makanya kalau gak ngerti ya tanya ke BKSDA . Yang namanya Direktur KBS sudah melakukan kajian dengan BKSDA,”tegasnya.

Terkait opini menganggu kenyamanan satwa pada malam hari, Eri sendiri tidak mengeri soal hewan, semuanya diserahkan kepada ahlinya. Hadirnya Night Zoo ini dianggap Eri sebagai suasana berbeda.

“Dan lebih enak lah kalau malam gak panas. Tapi juga dilihat, jangan ganggu binatang kalau malam wayahe turu. Kan ada BKSAD dan para pakar punya hitung hitungan sendiri,”jelasnya.

“Lek aku ngomong gak usah diganggu hewan turu kita gak ngerti. BKSDA itu sudah kajian. Kan sama kaya menungso ojok (manusia jangan) diganggu bengi turu, yo engak, bengi e tahajud kok. Kan koyok ngono,”imbuhnya.

Sementara itu, Humas PDTS KBS Alvin mengatakan yang dikeluarkan pada wahana Night Zoo hanyalah satwa Nokturnal atau binatang yang memang beraktivitas di malam hari, sehingga, tidak menganggu satwa lain.

“Biasanya binturong sama burung hantu. Sementara itu saja. Jumlah satwanya masih belum disampaikan dan masih belum tahu (satwa dari mana saja), karena, masih proses. Nanti hewan sapa saja yang siap ditampilkan,”kata Alvin.

Alvin menjelaskan, pihaknya masih belum mengetahui kapan rencana wahana Night Zoo itu akan terealisasikan, karena masih dalam tahap pembangunan.

“Tahun ini rencananya. Kalau bulannya masih menyusul. Nanti, pengunjung itu bisa lebih dekat lagi dengan satwa, ada foto booth juga,”pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno menolak keras rencana wahana Night Zoo tersebut. Dirinya mengaku akan memanggil KBS dalam hearing di DPRD Surabaya.

“Sejak awal saya menolak keras. Ini akan sangat mengganggu kenyamanan dan kehidupan satwa. Karena membuat siklus pola hidup satwa berubah,” ujar Anas saat dikonfirmasi pada Kamis (02/02/2023). (jack/Si)

Related posts

Pipa PDAM Putus, Kampung Panjang Jiwo Kesulitan Air

kornus

Antisipasi Kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran Gencarkan Sosialisasi dan Latih Personil

kornus

Ini Rekomendasi KPK, terkait Potensi Korupsi Penyelenggaran Haji