KORAN NUSANTARA
ekbis Hallo Nusantara Nasional

Sukseskan F1 H2O Toba,ASDP siap tambah Layanan Penyebrangan

Jakarta, mediakornnusanzara.com- Dalam rangka mendukung ajang balap perahu cepat (boat race) berlevel dunia yakni KOPIKO F1Powerboat (F1H2O) yang akan digelar di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba,

Sumatra Utara, pada 24-26 Februari 2023 mendatang, PT ASDP Indonesia Ferry (persero) tidak hanya akan menyediakan fasilitas Pelabuhan dan juga kapal penyeberangan, namun juga siap meningkatkan layanan penyeberangannya selama event berlangsung.

Saat ini ASDP telah menjadi pengelola Pelabuhan Ajibata dan Ambarita, sebagai salah satu lintasan tersibuk di Kawasan Danau Toba.

“Untuk di lintasan Ajibata-Ambarita, kami menyediakan layanan penyeberangan dengan KMP Ihan Batak dan KMP Pora-Pora yang akan mendukung konektivitas penumpang dan juga pergerakan barang (logistik),” ujar Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis ASDP, Harry MAC, dalam keterangan resminya pada Kamis (9/2/2023).

Harry meyakini, event dunia tersebut akan menjadi pertunjukkan yang menarik perhatian masyarakat dan turis, baik lokal maupun mancanegara. Untuk itu pihaknya akan meningkatkan layanan penyeberangan di Kawasan Danau Toba, khususnya di lintas Ajibata-Ambarita, dari 10 trip PP per hari saat ini menjadi 20 trip pp per hari, dengan harapan, mobilitas masyarakat dapat terlayani dengan baik selama kegiatan berlangsung.

Untuk diketahui, lintas penyeberangan kapal ferry antara Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita merupakan salah satu jalur tersibuk di kawasan Danau Toba. Pelabuhan Ajibata memiliki luas kawasan sebesar 10.448 m2 dengan luas gedung terminal utama 2.155 m2, yang dilengkapi dengan aksesibilitas modern berupa eskalator dan lift.

Sedangkan, Pelabuhan Ambarita memiliki luas 7.000 m2 dengan luas gedung terminal utama 1.540 m2 yang juga dilengkapi fasilitas eskalator dan lift.

 

Selanjutnya, ASDP telah mempersiapkan opsi untuk menyediakan satu armada kapal penyeberangan, yang mungkin dapat disewa (charter) bagi grup yang ingin menonton event balap dunia ini langsung dari kapal di Danau Toba.

“Ada satu armada KMP Kaldera Toba yang telah mendapatkan izin untuk dapat disewakan mendukung kegiatan event KOPIKO F1Powerboat. Ini dapat dikemas oleh InJourney, mungkin disewakan atau dengan tiketing. Itu sebagai bentuk support ASDP untuk kegiatan besar ini,” kata Harry.

Menurut dia, dukungan ASDP dalam ajang F1H20 akan semakin mendorong pemulihan ekonomi, khususnya sektor pariwisata dan peluang usaha termasuk bagi UMKM, serta menciptakan lapangan kerja.

ASDP turut memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam gelaran dunia tersebut.

“Ada 19 UMKM berupa warung di sekitar pelabuhan yang 17 di antaranya berada di luar gedung dan dua lainnya di dalam gedung pelabuhan, yang telah kami siapkan,” urai Harry.

Ia pun optimistis dapat mendukung kelancaran perhelatan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat ini karena telah memiliki pengalaman melayani pengguna jasa penyeberangan berlevel dunia saat gelaran MotoGP dan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) di DPSP Mandalika, NTB.

“Tentu kami akan meningkatkan layanan bagi pengguna jasa penyeberangan dengan memaksimalkan operasi kapal dan mempersingkat waktu pelayanan di dermaga saat gelaran F1H2O,” ucap Harry.

Sementara itu, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya M Sinulingga, mengatakan bahwa perhelatan KOPIKO F1Powerboat sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang pengembangan destinasi wisata 5 Bali baru, yang salah satunya termasuk Danau Toba.

“Upaya penggerakkan ekonomi pariwisata melalui BUMN di Bali baru sudah berjalan, dimana setiap wilayah memiliki karakteristik dan diferensiasi yang berbeda dalam hal event. Dan untuk Danau Toba diharapkan event ini menjadi trigger bagi turis datang berkunjung kembali ke Danau Toba,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan KOPIKO F1Powerboat diharapkan menjadi roda penggerak ekonomi untuk masyarakat sekitar Danau Toba. Hal ini dibuktikan dengan adanya keterlibatan di berbagai segmen usaha seperti penginapan, rumah makan, dan UMKM yang menjual barang-barang hasil produksi mereka.

Data InJourney, tiket untuk kejuaraan Powerboat seri Indonesia ini telah dijual sejak 7 Februari 2023, dan sekitar 2.000 tiket telah terjual habis hanya dalam waktu 23 menit sejak penjualan dibuka ( wan/inf)

 

Related posts

Harga Cabe Rawit di Pasar Rakyat Jatim Rata-Rata Rp 19 – 20 Ribu/Kg

kornus

Pantau Harga Beras, KPPU Surabaya Sidak Pasar Wonokromo

kornus

BPOM Terbitkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Lansia