KORAN NUSANTARA
Headline indeks Surabaya

Sosialisasi Pembangunan Sentra Kuliner dan Gedung Serbaguna, Kepala Bapekko Eri Cahyadi Kunjungi Warga Kalijudan

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Kepala Bappeko Eri Cahyadi didampingi Kabag Adminitrasi Pembangunan yang juga Plt. Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabya Ruben Rico kunjungi warga Kelurahan Kalijudan. Kunjungan Eri Cahyadi dan Ruben dalam rangka sosialisasi rencana pembangunan sentra kuliner dan gedung serba guna yang akan dibangun di Kalijudan, tepatnya di samping kantor kelurahan kalijudan itu juga dihadiri Camat Mulyorejo Sair, Lurah Kalijudan Yongki serta LPMK Kalijudan. Dalam sosialisasi tersebut Eri cahyadi yang didampingi Ruben berdialog langsung dengan seluruh RW dan RT se Kelurahan Kalijudan, Selasa (10/3/2020) malam.

Dengan pembangunan sentra kuliner dan gedung serba guna tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berharap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kalijudan. Selain itu, centra kuliner tersebut menjadi relokasi bagi pedagang PKL yang ada disekitar wilayah klaijudan.

“Sebenarnya pengajuan pembangunan sentra kuliner dan gedung serba guna tersebut sudah lama yaitu sejak tahun 2014. Waktu itu LPKM masih bernama LKMK. Namun keinginan warga baru terealisasi tahun ini setelah Kepala Bappeko Surabaya dijabat Eri cahyadi kata Ketua LPMK kalijudan Mudji Basuki.

Camat Mulyorejo, sair, dalam sambutannya menyatakan bahwa kenapa pembangunan sentra kuliner dan gedung serbaguna di kalijudan belum bisa terlaksana karena anggarannya dibagi – bagi untuk pembangunan wilayah Surabaya yang dianggap paling mendesak. Masih menurut sair, baha dengan adanya pembangunan ini nantinya tidak ada lagi pedagang yang berjualan diatas sungai atau liar.

Sementara itu, Kabag Adminitrasi Pembangunan Ruben Rico dalam sambutan mengatakan akan segera melaksanakan pekerjaan pembangunan setra kuliner dan gedung serbaguna tersebut dengan dimulai pengurukan. Warga pun menyambut gembira dengan tepuk tangan.

Pada kesempatan itu, Ruben juga menyampaikan penjelasan terkait dengan Izin Mendirikan bangunan (IMB). “Pemkot memberi kemudahan kepada masyarakat untuk pengurusan IMB yang akan dipusatkan di kantor kelurahan, seperti halnya pengurusan PTS, kata Ruben.

Ia menjelaskan bahwa pengurusan IMB untuk rumah tangga dihitung per meter perseginya kena Rp.804 maka masyarakat bisa menghitung sendiri berapa luas tanah yang dimiliki dikalikan nilai diatas, dengan kemudahan diatas dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan berkoordinasi melalui RW dimasing masing tempat tinggalnya.

Sebelum berkunjung dan menggelar pertemuan dengan warga ini, sebelumnya didahului dengan survei lokasi pada Senin (9/3/2020), yang juga dihadiri oleh Kepala Bappeko Surabaya Eri cahyadi, Kabag Adminitrasi Pembangunan Ruben, Camat Mulyorejo, Lurah Kalinudan dan LPMK Kalijudan.

“Dengan adanya peninjauan lokasi yang akan dibangun gedung serba guna dan sentra kuliner (PKL), maka pihak-pihak yang terkait bisa memetakan lokasi sekaligus mengalokasikan anggarannya,” kata Eri Cahyadi.

Dalam pertemuan dengan warga yang penuh keakraban tersebut, Eri Cahyadi juga menyampaikan pesan untuk bangunan yang berdiri di diatas sungai harus dibersihkan agar tidak jadi penyebab banjir. (gus)

Related posts

Gula Masih Impor, Dua Pabrik Gula di Jatim Belum Mampu Penuhi Kebutuhan Lahan 20 Persen

kornus

Puskeswan Berbagai Daerah Bergerak Atasi Wabah PMK

Kunjungi Perbakin, Pangdam V Brawijaya Uji Kemampuan Tembak

kornus