KORAN NUSANTARA
Jatim

Situbondo Koordinasikan Penanggulangan Karhutla

Situbondo,mediakorannuasantara.com – Berbagai pihak terkait di Kabupaten Situbondo melakukan koordinasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan

“Tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi ini selain untuk menyamakan persepsi, juga langkah dalam rangka mengoptimalkan upaya pencegahan dan penanganan serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” kata Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono, Jumat.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut di antaranya dari jajaran Polres Situbondo, Perhutani, Kodim 0823/Situbondo, Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD.

Menurut Awan Hariono, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu seluruh pihak yang terkait harus terlibat langsung sesuai tugas pokok dan fungsinya.

“Namun demikian, upaya pencegahan dan sosialisasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan haru lebih dikedepankan dengan melibatkan masyarakat,” ujarnya.

Rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan dilakukan, mengingat Situbondo memiliki banyak hutan dan lahan, dan pada musim kemarau berpotensi tejadinya kebakaran hutan atau lahan.

Sepanjang musim kemarau tahun ini, kebakaran hutan dan lahan kerap terjadi, seperti di Hutan Baluran Kecamatan Banyuputih, hutan di Kecamatan Kendit dan Kecamatan Bungatan, serta kebakaran lahan di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan. (awan/yat)

Related posts

Harga Gabah Turun, Anggota DPRD Jatim dr Agung Moelyono Mendorong Pemprov untuk Melakukan Penyuluhan Kepada Petani

kornus

Ketua TP PKK Provinsi Jatim Harapkan Gelari Pelangi Jadi Upaya Peningkatan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat

kornus

Dana Bos Belum Cair, Guru Madrasah di Sidoarjo Unjukrasa Tuntut Uang Gaji

kornus