KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Sambut Kunjungan Dubes Ukraina, Wagub Emil Harap Hubungan Jatim – Ukraina Datangkan Mutual Benefit

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyambut kunjungan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Mr. H.E. Dr. Vasyl Hamianin di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (9/4/2022) siang.

“Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Jawa Timur mengucapkan selamat dating kepada Yang Mulia Duta BesarUkraina untuk Indonesia, semoga beliau selalu dalam keadaan sehat walafiat,” kata Wagub Emil saat menyambut kedatangan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Mr. H.E. Dr. Vasyl Hamianin.

Dalam kunjungan Duta Besar itu, Emil berharap Indonesia dan Ukraina dapat memperkuat hubungan yang saling menguntungkan dalam banyak bidang. Mulai dari sector Industri yang potensial, hingga hubungan antar warga Ukraina dan Indonesia, utamanya Jawa Timur.

“Kita membahas berbagai hal yang berkaitan dengan potensi-potensi yang dimiliki oleh Ukraina dan Jawa Timur, keduanya sama-sama daerah agraris dan tentunya kerjasama ekonomi yang terjalin ini sangat potensial untuk dikembangkan,” ungkapnya

Emil memaparkan, Ukraina sebagai negara terbesar di Eropa Barat memiliki berbagai macam sector ekonomi. Mulai dari industry pesawat terbang, biji besi dan baja, dan lain sebagainya.

Tak berhenti di situ, selama ini Indonesia dan Ukraina, kata Emil, telah menjalin relasi dagang untuk ekspor Kakao dari Indonesia.

“Dalam waktu dekat ini memang hubungan relasi dalam perihal dagang, sebagai contoh kita mengirimkan kakao keUkraina, dan Ukraina mengirim gandum, besi dan baja dan beberapa komponen. Lalu kita juga mengirim komponen – komponen otomotif ke Ukraina,” jelas Emil.

Wagub Jatim itu mengatakan bahwa kini Jatim sedang mempertimbangkan potensi ekspor kentangdengan Ukraina. “Kita juga sedang melihat potensi kentang, kita berharap bahwa kelancaran hubungan dagang ini bias segera terjadi,” harapnya.

“Yang kita harapkan bahwa tentunya dengan terjalinnya hubungan ini maka kerjasama ekonomi yang lebih baik lagi dan saling menguntungkan akan terjadi untuk kedepannya,” tambahnya.

Wagub Jatim itudi buat kagum oleh pengetahuan Dubes Hamianin tentang Indonesia dan Jawa Timur. Sang Dubes menyebutkan kisah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Keduanya membahas persamaan nasib Indonesia dan Ukraina sebagai negara yang menghadapi kolonialisme.

Di akhir pertemuan itu, Wagub Emil menunjukkan pada Dubes Hamianin peta Jawa Timur yang terukir di Gedung Negara Grahadi.

Melihat peta tersebut, Dubes Hamianin berkeinginan untuk mengenal Jatim lebih baik. Ia menyatakan niatnya untuk mengunjungi Jatim secara keseluruhan begitu situasi geopolotik yang dihadapi negaranya telah membaik.

“Ukraina dan Jatim memiliki potensi besar dalam banyak bidang. Termasuk dalam edukasi dan kebudayaan. Setelah perang usai, saya sangat ingin untuk mengunjungi Jatim sekali lagi secara keseluruhan, dan membahas lagi relasi yang potensial,” ujarnya.

Ia setuju dengan pernyataan Wagub Emil bahwasannya hubungan yang terjalin haru smenguntungkan kedua belah pihak. Dan utamanya mendatangkan ketenangan sertakedamai an dalam hidup berkenegaraan.

“Inilah prinsip utama Ukraina dalam menjalin relasi dan bisnis, mutual benefit ,” tutupnya. (KN01)

Foto : Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat menerima kunjungan Duta Besar Ukraina untuk Indonesia Mr. H.E. Dr. Vasyl Hamianin di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (9/4/2022) siang.

Related posts

Prostitusi Gay Online Sasar Siswa SMP-SMA Garut

redaksi

Cegah Ketergantungan Gadget, Anak-anak Surabaya Sudah Difasilitasi 530 Taman Bacaan

kornus

Wagub Emil Pastikan Penyaluran BST Tidak Menyertakan Syarat Bukti Vaksinasi

kornus