KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Pemprov Jatim Siapkan Kapal Mudik Lebaran Gratis

ilustrasi-kapal-mudikSurabaya (KN) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, melalui Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (Dishub dan LLAJ) pada lebaran tahun ini akan menyiapkan kapal mudik gratis. Mudik ini ditujukan kepada masyarakat kepulauan di Jatim khususnya yang ada di kepulauan Kabupaten Sumenep.“Seperti tahun lalu, Pak Gubernur (Soekarwo, red) juga memberikan perhatian kepada masyarakat kepulauan yang akan mudik lebaran. Beliau menyediakan mudik gratis kapal laut dari berbagai tujuan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi di Surabaya, Kamis (19/6/2014).

Menurut Wahid, Pemprov Jatim telah menyiapkan kapal untuk tujuan Surabaya-Masalembu, Kalianget-Kangean dan Banyuwangi-Sapeken. Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan mudik gratis ini bisa mendaftar di kantor Dishub dan LLAJ Provinsi Jatim dan pelabuhan-pelabuhan tempat mudik gratis.

Untuk kapasitas kapal mudik gratis ini, jelas Wahid, setiap kapal bisa mengangkut sebanyak 200 orang. Jumlah ini bisa bertambah dan berkurang tergantung cuaca dan gelombang laut. Jika cuaca dan gelombang baik jumlah penumpang bisa mencapai 300 orang. Bila cuaca buruk, hanya bisa mengangkut sekitar 150 orang saja.

Oleh karena itu, masyarakat yang ingin mudik gratis ini, dimohon untuk mendaftar terlebih dulu. Sebab berdasarkan pengalaman, masyarakat kepulauan tidak mendaftar terlebih dulu, tapi saat berangkat mereka datang dan naik kapal. Setelah mereka tidak dapat tempat kemudian marah-marah dan menuding tidak memberikan pelayanan dengan baik.

“Kita sarankan untuk mendaftar dulu, sehingga bisa dijadwalkan keberangkatannya. Jangan sampai datang tapi belum mendaftar. Nanti kalau ribut-ribut kita yang disalahkan. Berdasarkan pengalaman, pendaftar mudik gratis kapal ini jumlahnya lumayan banyak,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain mudik gratis dengan kapal, Dishub juga memberikan pelayanan mudik gratis saat lebaran nanti berupa bus dan kereta api. Hal itu dilakukan ntuk mengurai kepadatan lalu lintas saat mudik, karena itu, Pemprov Jatim mengadakan mudik gratis lebaran tahun ini. Rencananya, pemprov menyiapkan sebanyak 435 unit bus yang siap mengantarkan pemudik diseluruh daerah di Jatim.

Wahid menuturkan, ratusan armada bus mudik tersebut akan mengangkut puluhan ribu masyarakat dari Surabaya menuju sekitar 20 kota besar yang ada di Jatim. Mulai Malang, Bojonegoro, Tuban, Madiun, Pacitan, Blitar, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Pamekasan, Sumenep, Lumajang, Jember, Bondowoso, hingga Banyuwangi.

“Dari 435 bus yang disiapkan pemprov tersebut, 405 bus untuk mengangkut masyarakat pulang ke kampung halaman selama lebaran. Sedangkan 30 bus untuk suttle, yakni mengangkut warga yang mudik dari pelabuhan Tanjung Perak menuju terminal,” ujarnya.

Tujuan diadakannya kegiatan mudik gratis ini merupakan upaya dari Pemprov Jatim untuk mengurangi kepadatan arus penumpung di terminal selama angkutan lebaran. (yo)

Related posts

Pangkoarmada III Tegaskan Kepada Prajurit Disiplin Protokol Kesehatan

Tanggul Pomahan Jebol, TNI – Polri dan BPBD Lamongan Turun Tangan

kornus

Positif COVID-19 Periode 23-30 Agustus 2021 Turun 90 Persen

Respati