KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Pemprov Jatim Raih Penghargaan Peringkat Pertama dalam AMC 2023 Kemenkominfo

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur meraih penghargaan peringkat pertama sebagai Media Center Provinsi Terbaik Kontribusi Berita Tahun 2023, dalam Anugerah Media Center (AMC) Daerah 2023 Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI, Usman Kansong, kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin, mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di di Depok Jawa Barat, Selasa (28/2/2023).

Atas prestasi tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen terus meningkatkan layanan informasi berkualitas bagi seluruh masyarakat. Pasalnya, informasi yang berkualitas akan menjadi penyambung antara pemerintah dan masyarakat.

“Alhamdulillah, Pemprov Jatim kembali meraih Penghargaan Media Center Terbaik Peringkat Pertama  Kategori Kontribusi Berita. Semoga penghargaan ini memacu Pemprov Jatim untuk terus meningkatkan pelayanan informasi bagi masyarakat melalui pemberitaan yang berkualitas,” ujar Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (1/3/2023).

Menurut orang nomor satu di Jatim itu, pemerintah tidak cukup hanya mengirimkan informasi kepada masyarakat, tetapi harus memastikan bahwa informasi tersebut sampai kepada masyarakat. Tidak sekedar send tapi delivered . Dengan demikian, lanjut Khofifah, pemberitaan yang berkualitas bisa menjadi penetrasi  berita-berita hoaks yang muncul.

“Pemberitaan yang berkualitas menjadi ujung tombak untuk menyampaikan berbagai program, kinerja dan kebijakan pemerintah secara cepat, tepat, dan akurat,” katanya.

“Pemberitaan yang obyektif dan berkualitas sangat dibutuhkan. Sarat data yang valid menjadi kunci pemberitaan yang berkualitas. Data valid mampu menjadi penguat dalam menyampaikan program dan kebijakan,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo RI Usman Kansong mengatakan, media center daerah atau humas pemerintah berperan sebagai ujung tombak dalam mengomunikasikan program, kinerja dan kebijakan pemerintah secara cepat, tepat, akurat dan relevan.

Menurutnya, potensi media center bagi lembaga pemerintahan ke depan sangat besar terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi.

“Ketika kondisi itu terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya sistem informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, cepat, dan akuntabel,” terangnya.

Menurutnya, penghargaan ini menunjukkan adanya komitmen bersama membangun komunikasi publik yang lebih baik, yaitu komunikasi publik yang berisi narasi positif maupun berbagai konten yang mencerdaskan, mencerahkan, membangun, bahkan menginspirasi masyarakat berkontribusi untuk diri sendiri, lingkungan bahkan bangsa dan negara.

Sebagai informasi, penghargaan AMC 2023 merupakan kali enam kalinya diraih Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pemprov Jatim terus meraih juara mulai Tahun 2018 (peringkat 2), 2019 (peringkat 1), 2020 (peringkat 1), 2021 (peringkat 2), 2022 (peringkat 1), dan 2023 (peringkat 1).

Adapun para pemenang AMC 2023 telah ditetapkan berdasarkan SK Dirjen IKP yang ditentukan melalui penilaian oleh Tim Redaksi Portal Berita Info Publik dan indonesiakini.go.id, dengan memperhatikan kuantitas dan kualitas konten informasi serta arah pemberitaan yang telah di tetapkan oleh redaksi periode Januari sampai dengan Desember 2022.

AMC 2023 mengumumkan sejumlah kategori pemenang, di antaranya Kontribusi Berita Terbaik Media Center Provinsi, Media Center Kabupaten/Kota dan Media Center Kontribusi Foto, Nominasi  Foto Terbaik dan Berita Terpopuler. (KN01)

 

Rapim Kodam V

Related posts

Panglima TNI : Pelanggaran HAM Tidak Ada Kadaluarsanya

kornus

Buruh dan Mahasiswa Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM Tutup Jalan Gubernur Suryo

kornus

Polisi didesak tangkap pelaku kekerasan seksual terhadap 30 anak