KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

PDIP Tunjuk Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, Pengamat: Pilihan yang Obyektif, Strategis dan Berani

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Setelah lama menjadi teka-teki, akhirnya publik mengetahui siapa yang akan menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, secara resmi telah mengumumkan Mahfud MD sebagai Cawapres pendamping Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo pada Rabu (18/10/2023) kemarin.
Keputusan Megawati ini dinilai sebagai langkah yang obyektif, strategis dan berani oleh Pengamat Politik dan Peneliti Senior pada Surabaya Survey Center (SSC), Ikhsan Rosidi. Menurutnya, Mahfud MD adalah sosok yang layak dan memiliki elektabilitas tinggi untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

“Mahfud MD selama ini berdasarkan rilis hasil survei berbagai lembaga survei nasional maupun lokal, secara konsisten menunjukkan tingkat elektabilitas yang relatif tinggi, bahkan di Jawa Timur angka elektabilitas Mahfud MD membubuhkan tren selalu tak terkejar sebagai cawapres most favorite bagi warga Jawa Timur,” ujar Ikhsan Rosidi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/10/2023).

Ia menilai Mahfud MD adalah representasi kuat dari pemilih Jawa Timur dan segmen pemilih Nahdliyin (NU) serta kelompok pemilih GusDurian. Hal ini diharapkan dapat menutup kekurangan elektoral Ganjar Pranowo di Jawa Timur, yang dianggap sebagai wilayah pertarungan terpenting (battle ground) dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti.

Selain itu, Ikhsan Rosidi juga mengapresiasi keputusan strategis Megawati yang memilih Mahfud MD sebagai tokoh lintas dalam banyak hal.

“Mahfud MD dikenal sebagai tokoh lintas ideologi, tokoh lintas agama, tokoh lintas generasi, lintas pendidikan dan tokoh lintas kelompok. Sehingga secara strategis, dalam rangka kontestasi Pilpres 2024 nanti akan lebih mudah bagi PDI-P dan koalisinya untuk menghadirkan dan mengkampanyekan sosok Mahfud MD pada semua segmen pemilih, dimana saja dan kapan saja,” tuturnya.

Selain itu, Ikhsan juga memandang jika Mahfud MD adalah sosok yang kuat pada jaringan elit, kelas menengah dan intelektual namun juga sangat populer di masyarakat akar rumput.

Bahkan menurutnya, di kalangan pemilih milenial sekalipun, Mahfud MD sangat populer karena keberaniannya selama ini dalam menyuarakan disparitas sosial di Indonesia, anti korupsi dan keadilan hukum.

Oleh sebabnya, Ikhsan Rosidi menganggap bahwa keputusan Megawati adalah keputusan berani karena tidak terpengaruh oleh pertimbangan lobby partai dan kecukupan logistik pemilu.

“Posisi Mahfud MD yang tidak berpartai dan minim logistik justru akan menempatkannya pada posisi yang independen dan tidak tersandera oleh titipan kepentingan pihak manapun baik kepentingan parpol maupun pemodal,” tegasnya.

“Hal ini sekaligus juga menunjukkan bahwa Mahfud MD dapat dikategorikan sebagai tokoh hebat yang dipilih semata-mata karena pertimbangan rekam jejak kapasitas, kapabilitas, dan integritas yang telah teruji,” pungkasnya. (KN01)

 

Related posts

Wagub Emil Terus Siapkan Wadah bagi Perintis Startup di Jatim

kornus

Samsat Jatim Dapat Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dari Kementerian PAN-RB

kornus

Tempuh Jarak 38 Kilometer, Satgas Pamtas Raider 500/Sikatan Cek Kondisi Patok Batas

kornus