KORAN NUSANTARA
Hankam Headline indeks

Panglima TNI: Kesehatan TNI Dukung Pelaksanaan Enam Pilar Transformasi Kesehatan

Jakarta (mediakorannusantara.com) – Sistem kesehatan TNI merupakan subsistem kesehatan  nasional yang berkewajiban mendukung pelaksanaan dan mensukseskan program  transformasi kesehatan melalui enam pilar transformasi kesehatan yang telah dicanangkan  yakni transformasi pelayanan primer, transformasi pelayanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat memberikan amanat pada acara Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan (Rakorniskes) TNI TA 2023, bertempat di Aula Gatot Subroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/03/2023).

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pembangunan nasional terutama di bidang kesehatan diperlukan implementasi dan langkah nyata dari Kesehatan TNI dalam melaksanakan transformasi kesehatan. Terkait implementasi ke-6 pilar tersebut, Laksamana TNI Yudo Margono memberikan beberapa penekanan. Pertama,  dalam transformasi layanan primer, Kesehatan TNI harus mampu memperkuat aktivitas promotif, preventif untuk menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skreening kesehatan dan meningkatkan layanan primer.

Kedua,  terkait dengan transformasi layanan rujukan, Kesehatan TNI harus fokus untuk meningkatkan kualitas serta pemerataan layanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Ketiga,  pada pilar transformasi ketahanan kesehatan,  Kesehatan TNI harus mampu mempertahankan sistem kesehatan yang baik di tengah ancaman kesehatan global melalui produksi hingga distribusi kefarmasian dan alat kesehatan.

Selanjutnya yang keempat, dalam transformasi sistem pembiayaan kesehatan, Kesehatan TNI harus mampu memberikan kemudahan dan kesetaraan akses layanan kesehatan terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.  “Untuk transformasi sumber daya manusia kesehatan, Kesehatan TNI harus memastikan pemerataan distribusi para tenaga kesehatan merata di seluruh Indonesia, dan yang terakhir terkait pilar transformasi teknologi kesehatan, Kesehatan TNI harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi terkini dan teknologi digital agar digitalisasi di dunia kesehatan dapat segera terwujud”, tutup Panglima TNI.

Sebagai keynote speaker Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dengan materi Transformasi Sistem Kesehatan Indonesia.Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kasum TNI, Irjen TNI, Ka RSPAD Gatot Soebroto, Koorsahli Panglima TNI, para Asisten Panglima TNI, para Kabalakpus TNI dan Ketua BKKBN Pusat. (KN01/Puspen/TNI)

 

 

Related posts

Pangdam V/Brawijaya Melaksanakan Kunjungan Ke Ponpes Progresif Bumi Sholawat

kornus

Pusat Data Cyber 1 Terbakar, Layanan 112 Surabaya Dialihkan Sementara

kornus

Perangkat Desa di Lamongan Tuntut Kenaikan Tunjangan

redaksi