KORAN NUSANTARA
ekbis Hallo Nusantara Headline Nasional

Ombudsman pantau penyelenggaraan mudik gratis BUMN 2024

 

 

Jakarta, mediakorannusantara.com – Ombudsman RI melakukan pemantauan langsung mudik gratis Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2024 yang diselenggarakan PT Jasa Raharja bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa.2/4

Anggota Ombudsman RI Hery Susanto mengatakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, lembaganya bertugas memastikan pelayanan publik angkutan mudik Lebaran dapat berjalan dengan lancar.

“Bagaimana mudik pada tahun ini, apakah lancar atau ada kendala?” tanya Hery kepada salah satu pemudik saat pemantauan berlangsung, seperti dikutip dari keterangan resmi.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api pada tahun ini diperkirakan mencapai 39,32 juta orang atau sekitar 20 persen dari total pemudik.Dibandingkan arus mudik Lebaran 2022 dan 2023, kata Hery, terdapat perbedaan tren karena saat itu sebagian besar responden lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, baik mobil maupun motor.

Selain mengumpulkan data dari para pemudik, Ombudsman RI juga mendapatkan informasi dari PT KAI dan PT Jasa Raharja selaku salah satu penyelenggara kegiatan mudik gratis tahun 2024.

Tidak hanya memantau pelaksanaan mudik gratis, Hery bersama Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Purwantono, Direktur Pengelolaan Prasarana PT KAI Heru Kuswanto, dan Kepala Stasiun Pasar Senen Hendrik Mulyanto beserta jajaran melepas para peserta program “Mudik Asyik Bersama BUMN 2024”.

Tercatat setidaknya 15.200 orang pemudik dengan moda kereta api yang akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pada tanggal 2 dan 3 April 2024 bersama PT Jasa Raharja.

Sebelumnya, BUMN berkomitmen penuh dalam mendukung penyelenggaraan mudik yang lancar, aman, dan nyaman dalam menciptakan pengalaman mudik ceria dan penuh makna.

Beberapa BUMN yang terlibat dalam penyelenggaraan mudik kali ini, di antaranya PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT KAI, dan PT Jasa Raharja.

Para pemudik akan diberangkatkan melalui tiga moda transportasi, yakni 1.225 unit bus, 60 unit kereta api dan 15 unit kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Rencana seremonial pemberangkatan mudik gratis BUMN, yakni kereta api dari Stasiun Pasar Senen pada 2-4 April dan keberangkatan bus dari Silang Monumen Nasional, Jakarta, pada 5 April 2024. ( wan/ar)

Related posts

Basuki Babussalam : Pengusaha Rente Masa Pendemi Perlu di BlackList dan Dipidanakan

kornus

Pakde Karwo: Laporan Pertanggujawaban APBD Jatim 2015 Gunakan Basis Akrual

kornus

Ekonomi Kerakyatan Harus Bergerak, Pelayanan Publik Disempurnakan

kornus