KORAN NUSANTARA
ekbis Hallo Nusantara Headline Nasional

Mabes TNI AU siapkan tiga Unit Pesawat tempur Amankan KTT ASEAN

Kupang, mediakorannusantara.com – Markas Besar TNI AU menyiapkan tiga pesawat tempur jenis F-16 untuk mendukung pengamanan wilayah udara saat pelaksanaan puncak KTT ASEAN ke-42 yang digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam rilis yang diterima di Kupang, Selasa 9/5 mengatakan bahwa dukungan pesawat tempur itu untuk menjaga agar pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN berjalan dengan aman.

“TNI AU menyiapkan operasi pengamanan VVIP/VIP di wilayah udara sekitar LabuanĀ Bajo, NTT selama pelaksanaan KTT ASEAN,” katanya.

Dia menambahkan bahwa pergeseran sejumlah pesawat tempur tersebut, sesuai perintah Panglima TNI, yang berasal dari skuadron Udara (Skadud) 14 Lanud Iswahjudi, Magetan.

Dia menambahkan skuadron Udara 14 itu ditugaskan sebagai unsur sergap dibawah kendali operasi (BKO) Mabes TNI yang tergabung dalam Satgasud, dipimpin oleh Pangkoopsud II.

Kadispenau juga menambahkan, unsur sergap F-16, terbagi dalam dua home base yaitu Lanud El Tari Kupang oleh skuadron udara 14, dan Lanud Iswahjudi Magetan oleh skuadron udara 3.

“Flight pesawat F-16 skuadron 14 dipimpin Komandan skuardron 14 Mayor Pnb Anwar Sovie, bertugas melaksanakan Combat Air Patrol (CAP) di area Tambolaka. Unsur Sergap, juga akan bekerja sama dengan Satrad 226 Buraen, Kupang yang akan mencover area Selatan dan Timur,” tambah dia.

Selain melaksanakan CAP, unsur sergap skuadron 14 juga akan melaksanakan Quick Reaction Alert (QEA), yaitu kesiapsiagaan skuadron tempur untuk dapat airborne secepat mungkin apabila ada perintah melaksanakan scramble di area Lanud Eltari Kupang.

Satu flight F-16 skuadron 14 melaksanakan ferry dari Lanud Iswahjudi, pada 9 Mei 2023 combine pelaksanaan operasi pengamanan udara di Tambolaka, sebelum mendarat di Lanud El Tari Kupang. ( wan/ar)

Related posts

Marinir Bersama Awak Media Tancapkan Beringin-Beringin Raksasa Secara Kolosal

kornus

Tingkatkan Kompetensi Medik dan Paramedik di Jatim

kornus

Solar Langka, Asosiasi Sopir Truk Trailer minta DPRD dorong Pertamina tak Permainkan BBM jenis Solar