KORAN NUSANTARA
ekbis Headline Jatim Nasional

Khofifah Minta Banyuwangi Siapkan Pra Conditioning Proyek Selingkar Ijen

Banyuwang, mediakorannusantara.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk menyiapkan prapengondisian pelaksanaan proyek strategis nasional Selingkar Ijen.

“Banyuwangi pada dasarnya dalam 10 tahun terakhir mengalami kemajuan yang sangat pesat. Mandat sekarang dari Perpres 80 adalah Selingkar Ijen,” ujar Gubernur Khofifah usai menghadiri Sertijab Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi di Gedung DPRD Banyuwangi, Selasa (2/3) malam.

Menurut Khofifah, berdasarkan Perpres No 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, prioritas percepatan pembangunan kawasan di Jawa Timur, terdapat di kawasan Gerbang Kertasusila dan sekitarnya, Kawasan Bromo-Tengger-Semeru, kawasan Selingkar Wilis dan Lintas Selatan, serta Kawasan Selingkar Ijen.

Dalam peraturan presiden itu, terdapat 24 proyek strategis di kawasan Selingkar Ijen. Kawasan Selingkar Ijen meliputi beberapa kabupaten, yakni Banyuwangi, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Proyek terbanyak terdapat di Banyuwangi.

“Karena itu, kami menitipkan pesan pada bupati dan wakil bupati yang baru, untuk melakukan pra-conditioning menyiapkan tim, kemudian melakukan telaah pada proyek strategis nasional utamanya yang berkaitan di Selingkar Ijen,” ucapnya.

Kawasan Selingkar Ijen masuk dalam prioritas pembangunan nasional, karena itu, Kawasan Gunung Ijen harus dijadikan catatan prioritas oleh Pemkab Banyuwangi.

“Seperti format-format digitalisasi sistem harus terus dikembangkan. Trennya saat ini UMKM kita membutuhkan market yang lebih luas, penjualan daring akan semakin masif. Karena itu dibutuhkan penguatan-penguatan digitalisasi ekonomi. Seperti pelaku UMKM dipersiapkan untuk pembayaran cashless agar nantinya wisatawan terutama wisatawan asing bisa memiliki banyak alternatif pembayaran,” ujarnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh pemerintah pusat dan Gubernur Jatim pada Banyuwangi selama ini.

“Arahan-arahan dari Ibu Gubernur menjadi salah satu inspirasi kami dalam menyusun program kerja ke depan,” kata Ipuk.

Ia mengatakan, akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan provinsi terkait percepatan pembangunan kawasan Selingkar Ijen. “Terima kasih Bu Gubernur telah memberikan banyak arahan kepada kami,” tuturnya.

Sesuai dengan arahan gubernur, Ipuk akan memperkuat Selingkar Ijen, utamanya digitalisasi UMKM. Ipuk mengatakan telah mempersiapkan program UMKM Naik Kelas, yang salah satunya untuk digitalisasi UMKM dengan melibatkan anak-anak muda.

Selain itu, melalui program ngantor di Desa, Ipuk juga akan mengantor di desa kawasan Selingkar Ijen untuk melakukan percepatan-percepatan.(an/wan)

Related posts

Hadiri Pemecahan Rekor MURI SWN Pensiunan Telkom, Wali Kota Eri Cahyadi: Patut dicontoh warga Kota Surabaya

kornus

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Dampingi Menteri ATR/BPN Serahkan Sertipikat Tanah Rumah Peribadatan di Surabaya

kornus

Perairan Tual Tak Luput Dari Pantauan Bakamla

kornus