KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Jelang Penyampaian Verifikasi Administrasi Dokumen Bacaleg DPRD, KPU Jatim Gelar Rakor bersama KPU Kabupaten/Kota

Surabaya (mediakoranusantara.com) – Menjelang tahapan penyampaian hasil verifikasi administrasi (vermin) dokumen persyaratan calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), KPU Jatim menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama KPU Kabupaten/Kota di aula kantor KPU Jatim.

Peserta rakor terdiri Divisi Teknis Penyelenggaraan, Divisi Hukum dan Pengawasan, serta Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu; Partisipasi dan Hubungan Masyarakat (Tekmas) dari 38 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Kegiatan yang diberi judul Rakor Penggantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kabupaten/Kota dan Persiapan Penyampaian Hasil Verifikasi DPRD Kabupaten/Kota ini, juga membahas mengenai PAW Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Insan Qoriawan dalam keterengan tertulisnya, selasa (20/6/2023) menjelaskan kedua tahapan ini dibahas bersama bukan tanpa alasan.

“Pasalnya di beberapa daerah, PAW ini banyak diajukan karena mencalonkan sebagai calon anggota DPRD Kabupaten/Kota pada Pemilu 2024 dari partai politik yang berbeda. Meski PAW tersebut terjadi selain karena mengundurkan diri, juga karena ada anggota DPRD yang meninggal dunia dan diberhentikan,” ujarnya.

Insan juga, mengingatkan kembali mengenai alur, penetapan calon, upaya hukum, klarifikasi PAW. Dilanjutkan dengan pembahasan persiapan penyampaian hasil verifikasi administrasi bakal calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

“Pada proses penyampaian hasil verifikasi administrasi bakal calon anggota DPRD, KPU Kabupaten/Kota mengundang partai politik peserta pemilu dan Bawaslu. Di dalam kesempatan tersebut KPU Kabupaten/Kota akan menjelaskan berita acara hasil verifikasi administrasi,” jelas Insan.

Sementara itu Ketua KPU Jatim, Choirul Anam meminta KPU Kabupaten/Kota memahami kepemiluan tidak hanya sepenggal-penggal per tahapan selesai. “Akan tetapi memahami kepemiluan secara utuh, kompleks dan komprehensif. Karena antar tahapan ini saling nyambung,” tuturnya.

Anam menegaskan pula bila dalam belajar kepemiluan tidak terlepas dari pemahaman terhadap unsur-unsur dalam sistem pemilu. “Unsur-unsur dalam sistem pemilu yakni, besaran daerah pemilihan (district magnitude), pencalonan, pemberian suara (ballot structure), formula penghitungan suara dan penentuan calon terpilih, ambang batas, serta penjadwalan penyelenggaraan pemilu. Jadi ini harus benar-benar dipahami oleh penyelenggara,” tegas Anam.

Seperti diketahui, Rakor KPU Jatim bersama KPU Kabupaten/Kota ini dilaksanakan di kantor KPU pada, senin (19/6/2023) sore.

Turut hadir mendampingi Ketua KPU Jatim Choirul Anam, diantaranya anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan Insan Qoriawan, Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia. Serta didampingi oleh Kabag Tekmas, Yulyani Dewi, Kasubbag Teknis Penyelenggaran Pemilu, Eddy Prayitno. (KN01)

Related posts

Selain Dilengkapi E-Tilang dan Face Recognition, CCTV di Surabaya Bakal Dilengkapi Pengeras Suara

kornus

Distribusi Air dari Umbulan dimulai Januari 2020

Wagub Jatim Emil Dardak Ajak Masyarakat Teladani Pahlawan Dengan Keberanian dan Keikhlasan

kornus