KORAN NUSANTARA
ekbis Headline indeks Surabaya

Jelang Lebaran, ITS Berangkatkan 12 Armada Mudik Gratis

Pelepasan 11 armada bus yang membawa mahasiswa ITS dalam Mudik Gratis ITS 2024.

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Mudik atau pulang kampung saat Lebaran menjadi momen yang paling membahagiakan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, tak terkecuali bagi sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, ITS kembali memfasilitasi momen pulang kampung tersebut bagi para mahasiswanya dalam gelaran Mudik Gratis ITS 2024, Kamis (4/4) pagi, dengan memberangkatkan 11 armada bus dan 1 minibus.

Koordinator Mudik Gratis ITS 2024 Imam Safawi Ahmad SSi MSi menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS dalam rangka memudahkan mahasiswanya untuk mendapatkan akomodasi perjalanan balik ke kampung halaman. “Alhamdulillah sejak tahun 2010 kegiatan ini telah dilakukan, peserta hari ini jadi yang terbanyak seusai pandemi,” jelas dosen Aktuaria ITS yang akrab disapa Isa tersebut.

Bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Jawa Timur dan Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) ITS, mudik bareng kali ini berhasil memberangkatkan sejumlah total 435 pemudik yang merupakan mahasiswa ITS dari berbagai departemen. Diberangkatkan ke 11 rute dengan menyasar sebanyak 38 kabupaten dan kota tujuan.

Kepala Seksi Karakter Direktorat Kemahasiswaan ITS ini menyebutkan, rute-rute tersebut terbagi dalam area Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di wilayah Jawa Timur sendiri di antaranya adalah rute Jember – Lumajang, Banyuwangi, Pasuruan – Probolinggo – Situbondo – Bondowoso, Kediri – Tulungagung – Trenggalek, Malang/Batu – Blitar, Nganjuk – Madiun – Ponorogo – Pacitan, Gresik – Lamongan – Tuban, dan Bangkalan – Sampang – Pamekasan – Sumenep.

Sedangkan, di wilayah Jawa Tengah terbagi menjadi tiga rute yakni, Sragen – Salatiga – Semarang, Klaten – Purworejo – Sukoharjo – Surakarta – Yogyakarta, dan Demak – Jepara – Kudus – Pati – Rembang. “Di tahun ini, kami telah menambah rute baru di wilayah Jawa Tengah mengingat permintaan yang sangat banyak dari mahasiswa,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto MT, Wakil Rektor II ITS Ir Mas Agus Mardiyanto ME PhD, Ketua Ikoma ITS Dr Ir Wahid Wahyudi MT, dan Direktur Kemahasiswaaan ITS Dr Imam Abadi ST MT turut hadir dalam rangka pemberangkatan secara simbolik peserta Mudik Gratis ITS 2024 ini.

Mengakhiri kegiatan, Isa kembali menegaskan bahwa lewat acara ini menunjukkan komitmen ITS terhadap mahasiswa. Lebih lanjut, laki-laki berkacamata itu juga berharap agar seluruh pemudik dapat sampai di tujuan dengan selamat. “Tak lupa, kami titip salam kepada orang tua dan jangan lupa untuk terus berikan kesan terbaik ITS bagi sekitar,” pesannya mengakhiri. (jack)

Related posts

Anggota DPRD Jatim Dukung Pemeriksaan Deteksi Corona Bagi Tenaga Medis

kornus

Dedi Mulyadi siap Banding jika Gugatan Cerai Istrinya dikabulkan

Pemprov Jatim Terima Bantuan dari Pemprov Sumut untuk Warga Korban Bencana APG Gunung Semeru

kornus