KORAN NUSANTARA
ekbis Headline indeks Surabaya

ICMI Sambut Ajakan Kolaborasi Pemkot Surabaya

Jajaran ICMI Jatim.

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Strategi pembangunan kota Surabaya, nampaknya menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan bahan diskusi dalam “leaders camp” dan Silakwil ICMI Jatim yang berlangsung Sabtu dan Ahad, 11 – 12 Maret 2023.

Dalam sesi kepemimpinan transformatif, Bertempat di sebuah hotel di kawasan Surabaya Selatan, bersama Prof Badri Munir, Direktur Sekolah Pasca Sarjana Unair, Ikhsan, Sekda Kota Surabaya, memaparkan bagaimana pemerintah kota Surabaya melakukan langkah langkah pelayanan untuk peningkatan SDM kota Surabaya.

Diawali dengan memaparkan jumlah penduduk dan komitmen pemerintah kota dalam layanan, Ikhsan memaparkan beberapa program dan strategi capaiannya.

“Surabaya ini mempunyai visi gotong royong menjadi kota global yang maju, humanis dan berkelanjutan, diawali dari visi itu maka seluruh perangkat daerah yang diangkat diminta membuat komitmen capaian, komitmen capaian itulah nantinya yang akan menjadi dasar evakuasi walikota Surabaya kepada kami para OPD, Camat dan Lurah”, Papar Ikhsan.

Dalam hal membangun keluarga yang berkualitas, Ikhsan bagaimana strategi pemerintah kota menjalankan program calon pengantin ( cantin). Dalam program itu, Ikhsan menjelaskan betapa pentingnya seorang calon pengantin didampingi sebagai upaya pembangunan SDM yang baik untuk masa yang akan datang.

“Program cantin ini akan membidik pasangan calon pengantin, data mereka akan terkoneksi dengan Puskesmas. Sehingga dari data Puskesmas ini, akan dilakukan upaya pendampingan kepada calon, misalkan kesehatan si calon, lalu pembekalan bagaimana membangun rumah tangga yang baik, bagaimana pengasuhan anak dan lain lain berkaitan dengan membangun keluarga yang baik”, Urai Ikhsan.

Menurut Ikhsan, tak mungkin pemerintah kota Surabaya akan bekerja sendirian, Pemerintah Kota butuh patner dalam mewujudkan visi misinya, sehingga bertemu di Silakwil ICMI Jatim ini merupakan sebuah kehormatan untuk berkolaborasi.

“Bagi kami, Pemkot Surabaya tak akan bisa bekerja sendirian, semangat kami berkolaborasi ini menjadikan undangan ICMI adalah sebuah kehormatan,¬†Pemkot akan akan bersenang hati dan berterimakasih, kalau ICMI menyediakan gagasan dan waktunya untuk berkolaborasi membantu melakukan capaian capaian yang sudah kami programkan”, Harap Ikhsan.

Qudsi salah satu pengurus ICMI Jatim yang membidangi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, merespon dengan baik apa yang menjadi niat baik pemkot.

“Apa yang dilakukan oleh pemkot ini adalah bagian dari kerja ICMI membangun keluarga emas, sehingga tak ada alasan bagi ICMI untuk tidak berkolaborasi dengan pemkot.

“Ini program baik dan mulia, harus dibantu dan didukung, tak ada alasan bagi ICMI untuk tidak berkolaborasi”, Tegas Qudsi yang juga dosen di Unair.

“Kami akan siapkan silabus bagaimana menyiapkan bagaimana membangun keluarga yang baik, bagaimana pengasuhan anak serta bagaimana manajemen pengelolaan masalah keluarga, sehingga akan terwujud keluarga yang tangguh, keluarga yang baik, mawaddah wa rohman,” Jelas Qudsi. (jack)

Related posts

Banjir Melanda Kawasan Mojo Arus Lalin Kediri – Tulungagung Tersendat

kornus

Gubernur : Para Daiyah Juga Bertugas Mengenalkan Ekonomi Syariah

kornus

Surabaya Raih Penghargaan Anugerah Nugraha Jasadarma Pustaloka 2011

kornus