KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Gubernur Pimpin Rapat Terbatas Pengembangan Program BLUD

gubernur-jatim-soekarwoSurabaya (KN) – Gubernur Jatim Soekarwo memimpin rapat terbatas dalam rangka pengembangan program Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang akan dilaksanakan selama tahun 2017, di Ruang Kertanegara Kantor Gubernur Jatim, Jl Pahlawan, Surabaya, Rabu (25/1/2017).Gubernur Soekarwo menjelaskan, rapat BLUD tersebut menjadi agenda penting untuk mengetahui program pelayanan kesehatan yang diprioritaskan. Selain itu juga untuk mensikronkan antara program yang telah dibuat dengan pembiayaan anggaran. Permasalahan yang dihadapi Rumah Sakit yang bersifat konvensional harus dicarikan solusi dengan membuat inovasi-inovasi.

“Saya harap program ini bisa difinalisasi bulan Maret agar bisa dirumuskan nilai yang akan ditetapkan pada PAPBD 2017. Disamping itu rancangan anggaran untuk APBD tahun 2018 diharapkan rampung bulan Juni nanti,” harap Pakde Karwo sapaan lekat Gubernur Jatim.

Menurutnya, tingginya penyebaran penyakit menular di Jatim misalnya kusta atau paru disebabkan karena rendahnya kualitas pendidikan dan angka kemiskinan yang masih tinggi. “Jika derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat di Jatim bisa selaras maka saya optimis lima sampai enam tahun kedepan kita akan memiliki kualitas SDM berkualitas. Tentunya dengan ditunjang menurunnya jumlah persebaran penyakit,” urainya.

Lebih lanjut disampaikan, tingkat kemiskinan tertinggi berada di daerah tapal kuda atau Madura tepatnya di Sampang dan Bangkalan. Karenanya RS Muhammad Nur milik Pemprov Jatim yang berada di Pamekasan akan diperbesar lahannya dan dioptimalkan layanannya. “Banyak penderita kusta yang ditemukan disana, disamping itu problem kita di daerah perkotaan justru jumlah penderita HIV AIDS juga meningkat. Ini masalah bersama, karenanya pembicaraan hari ini harus segera ditindaklanjuti dengan konkrit,” ungkapnya.

Gubernur Jatim Soekarwo didampingi Kepala Bappeda Provinsi Jatim Budi Setiawan, Kepala BPKAD Provinsi Jatim Jumadi dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim dr. Kohar Hari Santoso, mendengarkan paparan dari semua direktur BLUD yang dikelola oleh Pemprov diantaranya RSUD dr. Soetomo, RSUD Sudono Madiun, RSUD Saiful Anwar Malang, RSU Karsa Husada Batu, RSJ Menur, dan RS Paru Dungus. (yo)

Related posts

KPU Jatim Terus Melakukan Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018

kornus

Pertumbuhan Penduduk di Surabaya Diperkirakan Naik

kornus

Pakai Produk UMKM Surabaya, Crazy Rich Peragakan Busana Batik dalam UKM Glourious Night

kornus