KORAN NUSANTARA
ekbis Hallo Nusantara Hankam Headline hukum kriminal Nasional

Firli sebut Integritas semakin Terdesak dari Pendidikan

Jakarta, mediakorannusnatara.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan bahwa saat ini integritas semakin terdesak dari pendidikan.

“Salah satu faktor penyebabnya adalah pola pikir bahwa pendidikan bukan lagi untuk meningkatkan ilmu, namun sekadar pemenuhan syarat untuk mencari pekerjaan, tunjangan, dan kepentingan naik jabatan,” kata Firli sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa.8/12

Firli menyampaikan itu saat menghadiri kegiatan kuliah umum dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara KPK dan Perbanas Institute.

Kegiatan bertajuk “Peran Kampus Dalam Pencegahan Korupsi” dilakukan dalam rangka memberikan edukasi terkait pencegahan korupsi kepada para mahasiswa dan civitas kampus yang dilaksanakan di Kampus Perbanas Institute Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, ia mengatakan pendidikan menjadi fokus penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berintegritas. Oleh karena itu, peran perguruan tinggi dianggap sangat penting sebagai penggerak pertumbuhan berkelanjutan dengan persiapan sumber daya kreatif dan sumber daya manusia.

“Perlu adanya pencegahan melalui pembangunan integritas di jejaring pendidikan sebagai hal yang fundamental. Kemudian sebagai calon pemimpin bangsa, kami berharap para pemuda harus bisa menanamkan sikap antikorupsi pada setiap kehidupan sebab pemuda memiliki peran penting dalam pemberantasan korupsi,” ujar Firli.

Untuk itu, KPK mengharapkan perguruan tinggi dapat menjadi ekosistem yang meneladani integritas. Peran tersebut dapat dimulai dengan cara yang sederhana, seperti menanamkan dalam diri bahwa tindakan korupsi merupakan tindakan yang merugikan negara dan masyarakat.

“Oleh karena dalam menjalankan tugas, KPK memerlukan dukungan dari segenap pihak termasuk perguruan tinggi agar pemberantasan korupsi yang dilakukan dapat memberikan dampak yang signifikan. Salah satunya dengan pendidikan bahwa kita bisa bersama-sama menanamkan nilai-nilai integritas dan antikorupsi kepada seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Rektor Perbanas Institute Hermanto Siregar menyampaikan terima kasih kepada Ketua KPK Firli Bahuri dapat hadir dan memberikan kuliah umum terkait peran kampus dalam pencegahan korupsi.

Melalui kegiatan itu, Perbanas Institute bisa ikut serta dalam salah satu bagian dari strategi pemberantasan dan pencegahan korupsi KPK.

“Sehingga dapat terciptanya ekosistem budaya antikorupsi dalam membangun karakter generasi muda kepada seluruh masyarakat agar generasi mendatang tidak melakukan tindak pidana korupsi. Selain itu, diharapkan juga dapat memahami dengan jelas perilaku korupsi merupakan tindakan kejahatan yang dapat merusak nilai integritas pada diri seseorang,” kata Hermanto.(wan/an)

Related posts

KY Kembali Buka Seleksi Calon Hakim Agung

Gubernur Jatim Dampingi Presiden Jokowi Bagikan Kartu Sakti di Bangkalan

kornus

Proyek Box Culvert Rusak Jaringan Pipa PDAM

kornus