KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim Surabaya

Digandeng PLN, ITS Kuatkan Sektor Industri

MoU pihak PLN dengan ITS.

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali melebarkan jaringan kerja samanya dengan perusahaan ternama di tanah air. Kali ini, perluasan kerja sama ini dilakukan dengan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PLN Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (PUSHARLIS), Kamis (31/3/2022).

Wakil Rektor IV Bidang Inovasi, Kerjasama dan Kealumnian ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD yang turut membuka agenda penandatanganan ini menyatakan, ITS akan sangat mendukung visi dan misi PT PLN PUSHARLIS ke depannya. Terlebih dalam hal riset dan pengembangan serta kesempatan bagi para mahasiswa untuk terjun langsung di lapangan.

Lebih lanjut diungkapkan Bambang, MoU ini merupakan wujud nyata dari proses diskusi pada pertemuan pertama, yakni terkait perumusan kemungkinan kerja sama antara ITS dengan PT PLN PUSHARLIS. “Melalui nota kesepakatan ini, banyak pintu kesempatan yang akan terbuka bagi kedua belah pihak,” jelasnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN PUSHARLIS Suroso menyampaikan, selama ini ada beberapa program yang belum terkelola dengan baik, yang membutuhkan partisipasi perguruan tinggi. “Para akademisi berkesempatan untuk menjadi bagian dari berbagai program pengembangan yang akan mendukung kemandirian teknologi ini,” paparnya.

Mengungkapkan harapannya, ada tiga poin utama yang dapat diimplementasikan usai penandatanganan MoU ini. Pertama, kerja sama di bidang workshop milik PT PLN PUSHARLIS yang tersebar di enam titik di Indonesia. Kedua, dalam hal pengembangan teknologi manufaktur dan berbagai cabang terkait lainnya. Terakhir adalah kesempatan yang besar bagi mahasiswa untuk magang dan berpartisipasi dalam industri secara langsung.

Tak berhenti sampai di sini, Suroso menambahkan, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi salah satu output dari penandatanganan MoU ini. “PT PLN PUSHARLIS akan sangat mendukung berbagai kajian, gagasan inovasi, hingga peningkatan efisiensi selama berlangsungnya MoU ini,” tegasnya.

PT PLN PUSHARLIS yang merupakan suatu perusahaan di bidang desain dan reverse engineering peralatan ketenagalistrikan, melihat adanya peluang menjanjikan melalui kolaborasi dengan ITS ini. Dalam sesi diskusi, banyak aspek yang dibahas terkait penyelarasan kebutuhan antara kedua belah pihak. Banyak tahapan yang dapat segera dilakukan, terlebih di bidang desain dan teknis.

Diungkapkan oleh kedua pihak, MoU ini dimaksudkan untuk dapat direalisasikan dalam berbagai program nyata ke depannya. “Dengan senang hati, PT PLN PUSHARLIS bersama ITS akan berkontribusi dalam mendukung kemajuan industri dalam negeri,” tandas Suroso memastikan. (jack)

Related posts

Lepas Ekspor Bola, Gubernur Khofifah Mengaku Bangga Jatim Bisa Berkontribusi di Ajang World Cup 2022

kornus

Pembangunan Industri di Jatim Gunakan Pendekatan Ekonomi Lokal

kornus

Diklaim Lahan Konservasi Oleh Pemkot, Warga Pemilik Lahan Pamurbaya Mengadu Ke DPRD

kornus