KORAN NUSANTARA
indeks

Berlaku Mulai 1 Juni 2012 Mobil Dinas di Wilayah Jabotabek Dilarangan Beli BBM Bersubsidi

Jakarta (KN) – Terhitung mulai hari ini, Jumat (1/5/2012) semua mobil dinas milik instansi pemerintah, BUMN dan BUMD di wilayah jabotabek dilarang membeli BBM subsidi.Program pembatasan BBM subsidi ini memang digulirkan mulai 1 Juni 2012 ini. Mneurut Dirjen Migas Kementrian ESDM Evita Legowo, program ini dilakukan untuk penghematan BBM. “Semua mobil instansi pemerintah, BUMN dan BUMD tak boleh membeli premium mulai 1 Juni 2012,” ujarnya.

Larangan membeli premium ini berdasarkan Perpres No 15 /2012. Tujuannya agar bisa menghemat konsumsi BBM sehingga tidak melebihi kuota 40 juta kiloliter. Hanya saja pembatasan ini untuk sementara berlaku di wilayah Jabodetabek. Baru tanggal 1 Agustus 2012 berlaku untuk seluruh Jawa dan Bali.

Program yang digagas Presiden SBY ini nantinya juga akan diberlakukan untuk instansi lainnya. Mulai 1 September akan diberlakukan juga untuk kendaraan dinas milik perkebunan dan pertambangan. Instansi pemerintah akan menggunakan solar non subsidi.

Diharapkan dengan langkah yang diterapkan pemerintah ini maka akan menjadi contoh dan ditiru oleh swasta dan kalangan masyarakat. Semakin banyak menggunakan BBM non subsidi akan membantu pemerintah untuk menghemat BBM subsidi.

Untuk pengawasan agar mobil dinas instansi pemerintah tak membeli BBM subsidi, tidak dilakukan secara khusus. Hanya para petugas SPBU tidak akan melayani pembelian premium untuk kendaraan plat merah.

Sedangkan untuk mobil dinas yang tak memakai plat merah akan dipasangi sticker warna oranye bertuliskan tidak menggunakan BBM subsidi. Dengan demikian untuk mobil dengan sticker ini tak akan dilayani jika membeli premium. (red)

Related posts

5000 Massa PKS Surabaya Gelar Aksi Solidaritas dan Galang dana Untuk Palestina

kornus

Adi Sutarwijono : Sistem Pemilu Proporsional Terbuka atau Tertutup Itu Sama Saja

kornus

Per 1 Agustus 2012, Mobil Plat Merah Wajib Gunakan BBM Non Subsidi

kornus