KORAN NUSANTARA
indeks Jatim

Baik Buruknya Pelayanan Angkutan Umum Merupakan Cermin Tata Kelola Sebuah Pemerintahan

Surabaya (KN) – Peningkatan kualitas dan kuantitas layanan angkutan umum akan dapat meningkatkan minat masyarakat dalam memanfaatkan sarana transportasi massal.Ketua Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jawa Timur, M Said Sutomo, Kamis (26/1) mengatakan, ketersediaan dan keandalan pelayanan angkutan umum merupakan cermin awal baik-buruknya tata kelola sebuah pemerintahan. Keberhasilan sistem yang mengatur pelayanan angkutan umum di suatu kota dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku masyarakatnya.

Apabila terjadi perubahan perilaku masyarakat menggemari angkutan umumnya daripada kendaraan pribadi, maka dapat diartikan sistem angkutan umumnya sangat baik. Tapi bila terjadi sebaliknya maka menandakan sistem pelayanan angkutan umumnya buruk.

Baik buruknya ketersediaan dan keandalan angkutan umum di sebuah kota sangat ditentukan oleh sistem yang mengaturnya. Namun di kebanyakan Pemerintah Kota dan Daerah di negeri kita ini dalam mengelola sistem angkutan umum justru dikendalikan oleh kepentingan operator daripada pertimbangn kepentingan umum. Akibatnya sistem angkutan umumnya tak memberikan pelayanan yang sesuai dengan kepentingan umum masyarakat konsumennya.

Pembenahan sistem angkutan umum saat ini hanya berorientasi pada kuantitas, bukan pada sistem dan kualitas pelayanan. Menambah armada dan pembangunan jalan selalu menjadi solusinya. Padahal pembangunan jalan hanya mendorong masyarakat lebih suka berkendaraan pribadi.

Akibatnya, angkutan umum di Kota Surabaya, nyaris sudah tak dibutuhkan lagi oleh masyarakat. Ketersediaannya semakin berkurang dan keandalan mutu pelayananya semakin memburuk. Maka dengan sendirinya masyarakat konsumen angkutan umum beralih berkendaraan pribadi sepeda motor yang lebih menjanjikan tepat waktu, ekonomis dan lebih fleksibel. (rif)

Related posts

Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Menggali Potensi Desa Demi Pertumbuhan Ekonomi

kornus

Panglima TNI : Kepala Daerah Wujudkan Persatuan Bangsa dan Cegah Potensi Ancaman

kornus

Anggota DPRD Surabaya Sesalkan Pembatalan Rekrutmen 309 CPNS

kornus