KORAN NUSANTARA
ekbis Headline indeks Surabaya

Akselerasi Pertumbuhan UMKM, Anas Karno Dorong Peran Swasta

Anas Karno bersama pelaku UMKM.

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno, menghadiri pelatihan UMKM yang digelar kelompok UMKM Kelurahan Semolowaru, bekerjasama dengan perusahaan produsen bahan makanan, pada Kamis (18/02/2023).

Pelatihan yang berlangsung di aula kantor Kelurahan Semolowaru tersebut, terasa lengkap, dengan kehadiran perwakilan BPR Surya Artha Utama (SAU). Lembaga perbankan, penyedia pinjaman permodalan UMKM, milik Pemkot Surabaya.

Anas Karno mengapresiasi kolaborasi yang dijalin perusahaan swasta dengan kelompok UMKM. Untuk mengakselerasi pertumbuhan UMKM Surabaya.

“Ini yang dibutuhkan oleh UMKM di kota Surabaya. Yaitu kolaborasi antara pemerintah dan swasta. Untuk menjadikan UMKM naik kelas. Ada dukungan swasta disamping dari dukungan Pemerintah kota,” ujar tokoh penggerak UMKM tersebut.

Legislator Fraksi PDIP Surabaya itu menambahkan, pemerintah kota Surabaya dibawah kepemimpinan wali kota Eri Cahyadi dan wakil wali kota Armudji, saat ini tengah serius menggerakkan pemberdayaan UMKM pasca pandemi. Melalui dukungan lewat APBD sebesar 40 persen.

“Hal itu tidak cukup, jika tidak ada semangat gotong royong dari pihak swasta dalam peningkatan kemampuan UMKM. Hal seperti ini harus didukung,” ungkap Anas.

Anas Karno menjelaskan, program pendampingan dan pelatihan terhadap UMKM harus intensif dilakukan. Supaya UMKM memiliki bekal yang cukup, ketika menggeluti bisnis.

“Karena itulah jika UMKM ini terus bergerak, harus terus mendapatkan perbaikan-perbaikan untuk ke depannya. Sehingga bisa menggerakkan ekonomi,” terangnya.

Sementara itu, Marlin staf pemasaran Kobe, perusahaan produsen bahan makanan berharap, kegiatan pelatihan seperti ini mendorong pelaku UMKM memiliki inovasi. Sehingga produk-produk yang dihasilkan kian berkembang.

“Sehingga nantinya UMKM ini bisa meningkatkan pendapatan melalui inovasi dari produk yang mereka jual,” imbuhnya.

Menggerakkan UMKM tidak lepas dari dukungan permodalan. Namun yang tidak memberatkan.

Widi Hidayat staf operasional PT. BPR SAU mengatakan, BPR SAU sebagai lembaga perbankan milik Pemkot Surabaya menyediakan program pinjaman modal untuk UMKM dengan bunga yang sangat rendah.

“Kami terus memberikan suport permodalan kepada UMKM agar bisa mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan,” imbuhnya.

Selain bunga yang sangat ringan BPR SAU juga memberikan kemudahan pelaku UMKM untuk mengakses progam pinjaman modal.

“Kami terus mensosialisasikan agar UMKM bisa mengakses permodalan dari kami,” terangnya.

Pelatihan ini disambut antusias oleh 35 pelaku UMKM di Kelurahan Semolowaru. Karena memberikan kontribusi besar.

“Kami jadi bisa menambah pengetahuan baik dalam pengolahan produk dan permodalan sehingga kami bisa meningkatkan pendapatan dan bisa menambah lapangan kerja nantinya,” ujar Linda, wakil ketua UMKM Semolowaru. (jack)

Related posts

Temui Pengungsi Korban Bencana di Adonara NTT, Presiden: Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

kornus

Memasuki 1 Ramadan 1444 Hijriah, Pemkot Surabaya Ajak Masyarakat Jaga Ketentraman Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri

kornus

Hidupkan Kembali Kawasan Jalan Tunjungan, Pemkot Gelar Tunjungan Art 2015

kornus