KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

2013 Pemkot Gratiskan Biaya Sekolah SD – SMA

Surabaya (KN) – Biaya sekolah SD hingga SMA di Surabaya tahun 2013 digratiskan. Tak hanya itu semua keperluan siswa juga ditanggung Pemkot Surabaya.Hal ini disampaikan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Senin (3/12) usai mengikuti rapat paripurna di DPRD Surabaya. Menurutnya untuk keperluan program tersebut anggaran yang disiapkan Pemkot Surabaya cukup besar yakni Rp 1,8 triliun.

Dalam rencana ini, selain biaya sekolah gratis, siswa juga akan mendapat jatah gratis untuk keperluan lainnya seperti seragam dan lainnya. “Seragam sekolah, buku, sepatu, kaos kaki, topi, pensil, penghapus sampai kebutuhan lainnya akan ditanggung pemkot,” ujar Risma .

Tak hanya sekedar keperluan itu, Pemkot Surabaya juga masih akan memberikan uang saku untuk biaya transport dan makan siang. Jadi untuk bersekolah di Surabaya tahun depan sangat mudah karena siswa hanya perlu datang ke sekolah sedangkan semuanya sudah ditanggung Pemkot Surabaya. Bahkan untuk yang tak memakai angkutan umum pun masih dikasih sepeda angin.

Risma menyatakan orang tua siswa tak perlu lagi harus memikirkan biaya sekolah untuk putra putrinya. Sebab semuanya ditanggung Pemkot Surabaya. Memang untuk pendanaan sekolah gratis ini harus dikeluarkan dana ekstra besar dari APBD.

Saking besarnya sampai-sampai aturan pemerintah pusat yang merumuskan besaran biaya pendidikan 20 persen dari kekuatan APBD ditabrak. Sebab untuk program ini Pemkot Surabaya memberikan dana 33,66 persen.

Kalau sampai ada sekolah yang masih memunggut biaya pendidikan, Walikota menganjurkan untuk segera melapor. Pasalnya, semua kebutuhan siswa sudah ditanggung Pemkot. Makanya tak ada alasan bagi sekolah untuk melakukan tarikan biaya pendidikan dalam bentuk apapun. (anto)

Related posts

Pelaksanaan Mutasi PNS Pemkot Perlu Dikominikasikan Dengan Dewan

kornus

Baksos TMKK, Babinsa Jajaran Kodim 0824/Jember laksanakan Sosialisasi Pelayanan KB Jember

kornus

Kapolri Tolak Pembentukan TGPF Kasus Kerusuhan 21-22 Mei

redaksi