KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Wagub Emil Resmikan Gedung Baru Dinas Peternakan Jatim

Surabaya (mediakorannusantara.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak meresmikan gedung baru Dinas Peternakan Jatim di JL A Yani Surabaya, Kamis (16/3/2023) petang.

Wagub berharap, gedung ini menambah semangat dan produktif dalam bekerja, serta tidak membuat malas terjun ke lapangan.

“Terimakasih kepada semua mitra yang membantu pembangunan gedung baru Dinas Peternakan, semoga gedung ini mampu meningkatkan kinerja dan semangat pegawai,” kata Wagub Emil.

Seandainya tidak kelapangan, menurut Wagub, tidak ada persoalan asal semua dilakukan untuk efektivitas dengan memanfaatkan teknologi informasi. “Sistem jaringan dengan memanfaatkan IT sangat penting agar komunikasi antara balai, UPT, dan Dinas Peternakan di kabupaten/kota bisa dilakukan secara efektif,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Emil menyampaikan apresiasi untuk vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilakukan Dinas Peternakan sehingga Jatim mampu mengatasi kasus PMK. “Vaksinasi untuk hewan beda, butuh penangan khusus, kalau salah bisa kena tendang,”ungkapnya.

Jawa Timur punya beberapa cita-cita yang ingin dicapai salah satunya menjaga status  sebagai lumbung pangan nasional. “Kita punya padi jagung tebu yang melimpah dan ini juga memberikan potensi hijauan untuk menjadi pakan bagi ternak, maka kita ingin menjadi gudang ternak nasional,” imbuhnya.Lebih lanjut dikatakannya, sapi potong Jatim mencapai 4,9 juta ekor, Jadi 27% populasi sapi potong Indonesia dari Jatim. “Kalau sudah ngomong sapi, kita kontribusinya seperempat lebih dari total jumlah sapi nasional,” katanya.

Sapi perah Jatim jumalnya lebih dari Separuh populasi sapi perah nasional.  Susu segar nasional hampir 60% dari Jatim, untuk ayam petelur ada 119 juta ekor, berkontribusinya  populasi ayam petelur di seluruh Indonesia sepertiga telur datangnya dari Jatim.”Ayam pedaging 780 juta ekor populasinya. berkontribusi 1/4 terhadap populasi ayam pedaging nasional, kita menjadi gudang ternak nasional

Wagub berharap, OPD sama-sama saling mendukung sa ling mensupport karena kalau sudah bicara mengenai kemaslahatan di peternakan meskipun tugasnya jelas dinas peternakan tapi suporting sistemnya harus jalan dari kita semua. (KN01)

Related posts

Setelah Diketahui Asal Granat dari Kerukan Sungai, DLH Surabaya Evaluasi Pengambilan Tanah untuk Taman

kornus

BKKBN Luncurkan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

Salat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya Pakai ID Card