KORAN NUSANTARA
Headline indeks Jatim

Umrah dan Ibadah Haji Segera Dibuka, Dubes Arab Saudi Temui Pimpinan DPRD Jatim

Pimpinan DPRD Jatim saat menerima kunjungan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abid Althagafi bersama rombongan, Senin (11/10/2021).

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Pimpinan DPRD Jawa Timur menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abid Althagafi, Senin (11/10/2021) sore. Kedatangan Dubes Arab Saudi bersama rombongan itu disambut langsung oleh Ketua DPRD Jatim Kusnadi didampingi Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah, Anwar Sadad, Achmad Iskandar dan Sahat Tua Simanjuntak di ruang VIP DPRD Jatim.

Ketua DPRD Jatim, Kusnadi mengungkapkan, kunungan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia tersebut membicarakan banyak hal, salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan itu adalah terkait rencana pembukaan ibadah haji dan umrah. Kunjungan Dubes Essam bin Abid Althagaf itu sekaligus mengundang umat muslim di Jatim untuk melaksanakan ibadah umrah.

“Jadi beliau (Dubes Essam) mengundang seluruh warga umat muslim Indonesia untuk bisa melaksanakan umroh, ibadah haji. Mereka akan melakukan pembukaan-pembukaan secara bertahap,” kata Kusnadi saat ditemui usai menerima kunjungan Dubes Essam di Gedung DPRD Jatim.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengakui bahwa umat muslim di Jatim sendiri sebenarnya sudah sangat rindu melaksanakan ibadah di tanah suci Makkah. Namun, karena kondisi pandemi dan adanya kebijakan dari kerajaan Arab Saudi yang kemudian membuat keinginan itu belum bisa terlaksana.

“Mereka (Arab Saudi) akan membuka secara bertahap, akan dibuka di sana 10 juta jamaah dulu selama setahun, kemudian nanti meningkat menyesuaikan kondisi,” tuturnya.

Pihaknya pun menyampaikan terima kasih kepada Dubes Essam yang datang langsung bersama rombongan untuk menginformasikan rencana pembukaan ibadah haji dan umrah. Baginya, tentu hal ini suatu berita yang menggembirakan, khususnya untuk umat muslim di Jatim.

“Kami terima kasih sekali beliau datang kemari untuk menyampaikan itu kepada kita semua. Sehingga nanti kita juga  menyampaikan kepada warga masyarakat Jatim,” terangnya.

Menurut Kusnadi, saat ini pihak kerajaan Arab Saudi sedang berusaha agar pandemi tidak menjadi penghalang bagi umat muslim melaksanakan ibadah haji di tanah suci Makkah. Karena itu, mereka juga sedang menyiapkan agar jangan sampai ibadah haji itu kemudian menimbulkan penularan Covid-19.

“Beliau-beliau di sana sedang berusaha bagaimana kemudian agar pandemi Covid-19 tidak menghalangi kegiatan ibadah umat muslim. Tapi kemudian juga mereka yang beribadah jangan sampai kena,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadat menambahkan, bahwa Dubes Essam bersama rombongan datang untuk memberikan informasi. Pada intinya tidak lama lagi pintu umrah dan haji akan segera dibuka.

“Jadi beliau itu datang ke sini untuk memberikan informasi bahwa tidak lama lagi pintu umrah dan pintu haji akan sehera dibuka,” kata Anwar Sadad.

Saat ini, Anwar Sadad menyebut, pihak kerajaan Arab Saudi sedang menyiapkan tempat dari daya tampung normal 30 juta jamaah menjadi sekitar 3-10 juta jamaah dalam satu tahun.

“Mereka sedang menyiapkan tempatnya dari daya tampung biasanya 30 juta, sekarang mulai disiapkan perlahan hanya bisa menampung sekitar 4-10 juta,” ungkapnya.

Namun, kata dia, Dubes Essam belum dapat memastikan kapan ibadah umrah dan haji mulai dibuka. Akan tetapi, yang pasti pembukaan bakal dilakukan dalam waktu dekat dan secara bertahap.

“Kalau melihat waktunya (kapan dibuka) tidak bisa diprediksi. Saya tanya kapan itu, beliau (Dubes Essam) menyampaikan dalam waktu dekat,” pungkasnya. (KN01)

 

Related posts

Putra Ahmad Albar, Ozzy Ditangkap Polisi Gara-gara Narkoba

redaksi

BNPB dan Pusura Berkolaborasi Memutus Mata Rantai Covid-19 di Surabaya

kornus

Pedagang Pasar Tradisional Minta Pemkot Tak Berikan Izin Minimarket Baru

kornus