KORAN NUSANTARA
hukum kriminal indeks

Petugas Bea Cukai Amankan Tersangka dan Heroin Senilai Rp 2,1 Miliar

tsk heroinSurabaya (KN) – Petugas Bea Cukai amankan penyelundupan heroin. Upaya penyelundupan narkotika jenis heroin itu kembali digagalkan oleh Customs Narcotics Team (CTN) Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda. Heroin seberat 1,4 Kg itu dibawa seorang warga negara asing asal Malaysia.

Heroin itu oleh pelaku disembunyikan di lapisan bawah tas yang dibawa pelaku. WNA Malaysia yang diamankan yakni Ganesan Sanmugam (24). Ganesan Sanmugam diamankan petugas setelah dilakukan pemeriksaa menyeluruh mulai fisik hingga barang bawaan maupun benda yang dibawa pelaku.

“Dia kita amankan pada Jumat (13/5/2011) siang pukul 11.30 WIB, setelah turun dari pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 7618 tujuan Surabaya dari Malaysia,” jelas Kepala Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda, Buchori Siraid kepada wartawan di kantornya, Rabu (18/5).

Buchori mengaku pihaknya sempat mengalami kesulitan dalam mencari barang bukti, meski sebelumnya sudah mendapatkan informasi dari intelejen jika akan ada penyelundupan. “Petugas mencium kecurigaan sehingga dilakukan pemeriksaan, tapi nihil. Kemudian kita lanjutkan pemeriksaan fisik maupun barang bawaan yang dibawa dan akhirnya kita temukan serbuk putih yang langsung kita periksa jika serbuk tersebut narkotika jenis heroin,” jelasnya.

Untuk melakukan perkembangan lebih lanjut, pihaknya akan menyerahkan kasus ini ke Direktorat Reserse Narkoba (Ditreskoba) Polda Jatim. “Kita akan serahkan tersangka dan barang bukti ke Polda Jatim untuk pengembangannya,” tandasnya.

Heroin seberat 1,4 Kg yang diselundupkan Ganesan Sanmugam (24), WNA asal Malaysia tersebut ditaksir senilai Rp 2,1 miliar. “Heroin yang kita amankan ditaksir senilai Rp 2,1 miliar,” taambahnya.(anto)

Foto : Tersangka penyelundup heroin diamankan petugas

Related posts

Berhasil Kendalikan Inflasi Jatim, Pakde Karwo Raih Penghargaan Terbaik TPID 2015

kornus

Wagub Harap Tiap Sekolah Miliki Wifi Guna Perkuat UNBK

kornus

Kenang Masa Muda‘Menggelandang’, Ketua DPRD Jatim Kusnadi silaturrahmi di DKS

kornus