KORAN NUSANTARA
indeks Surabaya

Pemkot Surabaya Tingkatkan Kesiapan Penanggulangan Bencana

Surabaya (KN) – Pemkot Surabaya akan meningkatkan kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Kali ini, yang dikerahkan adalah tenaga Bakesbang Linmas. Melalui Kursus Kader Pelaksana (Suskalak) Linmas angkatan 26/2011.Kursus itu akan dilaksanakan di Lanudal Juanda selama 10 hari sejak 6-15 Oktober 2011. Suskalak itu sendiri akan diikuti 100 peserta yang terdiri dari Linmas Kecamatan dan Kelurahan serta anggota pengamanan dari SKPD dan relawan yang melaksanakan tugas penanggulangan bencana.

Menurut Kabid Perlindungan Masyarakat, Chandra RMD Oratmangun, kursus ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat tentang kegiatan manajemen penanggulangan bencana.

“Dalam kursus ini mereka diberikan pelatihan mulai dari masa prabencana dengan kegiatan mitigasi, kegiatan tanggap darurat sampai pasca bencana. Diperlukan tindakan penanggulangan dan penanganan situasi pascabencana secara cepat, tepat dan terpadu sehingga korban jiwa dan kerugian yang ditimbulkan dapat dicegah atau diminimalkan,” ujar Chandra.

Pelatihan ini juga diselenggarakan guna mengantisipasi adanya gangguan ketertiban dan ketentraman umum, seperti tindakan teror yang meresahkan warga.

Candra menambahkan, selama menjalani pelatihan para peserta akan dibekali sejumlah materi, diantaranya Kesamaptaan, Kejuangan dan Kepribadian Masyarakat, Pemerintahan dan Pengetahuan Umum, Keterampilan Linmas, serta Praktek Lapangan. (anto)

Related posts

Hayono Isman Siap Bersaing Dengan Peserta lain Dalam di Konvensi Capres

kornus

Mahfud Sentil Pernyataan Nazaruddin

kornus

Panglima TNI : TNI Tidak Mengenal Kata Damai Bagi Prajurit Arogan

kornus