KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Mendagri Mengingatkan, APSSI Adalah Organisasi Yang Mengemban Peran Strategis

Jakarta (KN) – Dalam Rapat Kerja Gubernur seluruh Indonesia 2011, di Jakarta Senin (19/12), Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, penguatan sinergitas tersebut yakni dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang efektif dengan asosiasi lainnya seperti asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia dan asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia.“Dengan demikian APPSI sebagai wadah Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia akan lebih mampu menjembatani pemerintah dengan pemerintahan daerah dalam menciptakan kerja sama yang harmonis, serasi, dan sinergis antarpemerintahan daerah,” kata Gamawan.

Mendagri mengingatkan, APSSI adalah organisasi yang mengemban peran strategis dan bukan sekedar wadah berhimpun Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia.

Ia menuturkan, tantangan penyelenggaraan pemerintah daerah ke depan akan semakin kompleks dan berat. Pemerintah Daerah dituntut untuk mampu meningkatkan daya saing daerahnya, sementara di sisi lain daya kritis masyarakat semakin meningkatkan tajam. “Maka pengurus APPSI perlu meningkatkan fasilitasi kepada anggotanya dalam rangka memperkuat kapasitas pemerintahan Provinsi,” pintanya.

Untuk melaksanakan upaya tersebut, lanjut Mendagri, perlu dipikirkan pembentukan Sekretariat APPSI yang otonom dan kuat. Selain itu Mendagri berharap agar APPSI selalu menjaga hubungan yang sinergis, positif, dan konstruktif dengan para pemangku kepentingan serta instansi Pemerintah Pusat, dan Kementerian Dalam Negeri.

“Kepentingan APPSI harus diletakkan dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan otonomi daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab dibawah naungan NKRI,” tandasnya. (dede)

Foto : Mendagri Gamawan Fauzi

Related posts

Jatim Raih Anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2021

kornus

DPRD Akan Sampaikan Aspirasi BEM Se Jatim Ke Pemerintah Pusat

kornus

Dewan Menilai Penertiban Tiga Minimarket Yang Dilakukan Satpol PP Hanya Sebatas Lipstik

kornus