KORAN NUSANTARA
Headline indeks Nasional

Kementerian Kesehatan Siapkan 70 Ton Obat untuk Jemaah Haji

Jakarta (MediaKoranNusantara.com) – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyiapkan total sebanyak 70 ton obat bagi calon jemaah haji mencegah terjadinya masalah kesehatan saat melaksanakan rangkaian ibadah haji. “Kemenkes bawa 70 ton semua obat-obatan yang dibutuhkan oleh jemaah haji. Semua penyakit-penyakit kita bawa obatnya, kita punya,” kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Eka Jusup Singka Selasa, (10/7/2018).

Ia menjelaskan, dari sebanyak 70 ton obat tersebut, mayoritas adalah obat-obat Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), obat batuk, flu, jantung, hipertensi, termasuk obat-obat untuk pengganti cairan karena suhu di sana panas.

“Penyakit yang paling dikhawatirkan pada pelaksanaan haji tahun ini adalah heatstroke. Eka mengatakan penyakit tersebut kemungkinan terjadi karena suhu yang tinggi. Termasuk juga Mers-CoV yang penularannya melalui unta. Prediksi yang kita khawatirkan adalah heatstroke. Stroke akibat panas. Cuaca panas tahun lalu 53 derajat Celsius. Tahun ini kemungkinan sama,” ujarnya.

Ditambahkan, penyakit yang paling banyak pada pelaksanaan haji tahun lalu adalah batuk-batuk, ISPA, flu dengan pasien rawat jalan. Ada pula pasien rawat inap dengan kebanyakan penyakit gangguan pernapasan seperti pneumonia.

Sementara untuk penyakit penyebab kematian adalah jantung dan ISPA. “Kami akan mewaspadai penyakit-penyakit tersebut selama pelaksanaan haji,” tandasnya. (KN06)

Related posts

SKK Migas sebut 35 Pabrikan Lokal Lolos Penilaian Penunjang Hulu Migas

Diduga Banyak Penghuni Rusun Ilegal, Dewan Soroti Lemahnya Pengawasan Penghuni Rusunawa

kornus

Dirjen Bina Pemdes Bahas Isu Strategis dengan pj Kepala Daerah