KORAN NUSANTARA
indeks Nasional

Jelang Coblosan Pemilu, Mendagri Mobilisasi Pencetakan e-KTP di Lapas dan Rutan

Jakarta (MediaKoranNusantara.com) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo bersama dengan Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly menghadiri acara rekam-cetak KTP elektronik (e-KTP) di Lapas Narkotika Cipinang. Selain Tjahjo dan Yasonna, hadir pula Ketua KPU Arief Budiman.

Acara rekam dan cetak e-KTP di lapas dan rutan dilakukan serentak se-Indonesia hari ini, Kamis (17/1/2019) sampai 19 Januari 2019.

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami menyampaikan, sebagian besar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena tidak memiliki e-KTP. Untuk itu, perlu ada perekaman dan cetak e-KTP di Lapas dan Rutan se-Indonesia.

“WBP yang masuk jadi DPT hanya sebanyak 79.763 orang atau hanya 31%. Sedangkan sisanya 69% lainnya belum terdata. Dengan ini, sehingga ada percepatan sehingga bisa menyukseskan pemilu serentak 2019,” kata Sri.

Di sebelah sisi panggung, terdapat lokasi perekaman dan cetak e-KTP. Di sana, telah ada petugas dari Kependudukan Sipil (Dukcapil) untuk membantu proses pembuatan e-KTP.

Setelah itu, perwakilan dari WBP ke atas panggung untuk menerima cetak e-KTP secara simbolis. Tjahjo, Yasonna, dan Arief secara bergiliran menyerahkan e-KTP kepada WBP. Kegiatan ini akan dilakukan dua tahap. Tahap kedua akan dilakukan pada Februari 2019.(dtc/ziz)

Related posts

Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Buka Bareng 2.500 Prajurit TNI AL di Mako Armatim

kornus

Pelni sediakan akomodasi terapung gratis dukung Hari Nusantara 2023

Stabilkan Harga Cabai, Pemprov Jatim Gelar Operasi Pasar di Surabaya

kornus