Tomat Tingkatkan Kualitas Sperma Pria hingga 50%, Bisa Jadi Obat Mandul

32 views

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Bagi pasangan suami-istri yang ingin cepat punya bayi, pasangan pria disarankan rutin mengonsumsi tomat. Berdasar hasil peneliti membuktikan bahwa tomat meningkatkan kualitas sperma pria hingga 50%.

Penelitian menemukan, dengan mengonsumsi sebanyak 2 sendok makan puree tomat atau tomat yang sudah dihaluskan per hari bisa meningkatkan kualitas sperma. Hal ini karena kandungan likopen yang juga merupakan zat pemberi warna merah pada tomat.

Adanya zat ini pada tomat dipercaya dapat mengurangi tekanan darah serta dapat menurunkan risiko kanker prostat pada laki-laki. Para peneliti memasukkan zat likopen ke dalam pil dan meminta partisipan pria untuk meminum pil tersebut sebanyak 2x sehari.

Hasilnya, 3 bulan kemudian sperma yang dihasilkan memang lebih banyak, meningkatkan bentuk, ukuran, dan juga kemampuan berenang sperma yang mungkin memberikan kesempatan pria lebih cepat menghamili pasangannya.

Zat likopen yang dikonsumsi pada pria tersebut setara dengan lima kaleng tomat yang dimasak sehari, dan pil mungkin merupakan cara yang lebih baik untuk mengonsumsinya daripada melalui pola makan langsung.

“Kami tidak menyangka jika di akhir penelitian akan ada perbedaan pada mereka yang mengonsumsi pil berisi zat likopen dengan mereka yang menggunakan placebo. Ketika kita pecahkan hasilnya, saya hampir jatuh dari kursi karena peningkatan ukuran dan bentuk spermanya sangat dramatis,” kata Allan Pacey, seorang Profesor Andrologi dari University of Sheffield.

Penelitian ini melibatkan 56 orang pria sehat berkisar usia 19 sampai 30 tahun, yang lebih dari setengahnya memiliki kualitas sperma yang buruk. Setelah 12 minggu, para pria yang meminum pil tomat memiliki hampir 40 persen lebih banyak sperma yang keluar, yang penting untuk membuahi sel telur untuk membuat wanita hamil.

Hasilnya seperti yang telah diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, hal ini penting karena pria saat ini mengalami krisis penurunan kesuburan hampir 60%. Hingga satu dari enam pasangan di Inggris tidak dapat hamil, dan dalam 40 hingga 50% kasus masalahnya terjadi pada pria tersebut.

Junk food dianggap sebagai bagian dari masalah, tak hanya itu akibat dari pemakaian pakaian dalam yang ketat, merokok dan meningkatnya berat badan adalah faktor dari masalah tersebut.

Para ahli percaya tomat dapat meningkatkan kualitas sperma karena antioksidan yang terkandung dapat mencegah kerusakan pada sperma, sehingga dapat mempertahankan ukuran, bentuk, dan kemampuan berenang yang lebih baik. Pada penelitian sebelumnya menemukan pria yang minum jus tomat selama enam minggu memiliki sperma yang bergerak lebih efisien.

Namun zat likopen paling baik didapat dari tomat yang telah dimasak. Juga pada pil LactoLycopene yang digunakan dalam penelitian ini sehingga membuatnya lebih mudah diserap ke dalam usus.(dtc/ziz)

Category: indeks, Lapsus Tags: