Tak Segera Evakuasi WNI Kru Diamond Princess, Ini Alasan Pemerintah

30 views

Jakarta (MediaKoranNusantara.com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menampik bahwa pemerintah mengulur waktu mengevakuasi WNI anak buah kapal Diamond Princess yang ada di Yokohama, Jepang. Semua langkah yang diambil, kata dia, turut mempertimbangkan dampak penyebaran virus corona pada masyarakat Indonesia keseluruhan.

“Bukan mengulur, tapi kami mempertimbangkan betul. Kan kami tidak ingin Indonesia jadi episentrum baru, karena kalau jadi episentrum baru menyangkut 264 juta penduduk,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020.

Menurut Muhadjir, respons pemerintah tidak secepat mengevakuasi WNI dari Wuhan, Cina, karena di Diamond Princess ada WNI yang sudah positif corona.

“Kan walau itu (Wuhan) episentrum, tapi belum ada satu pun warga Indonesia yang sudah terinfeksi. Nah di sini (Diamond Princess) kan ada sembilan,” ujarnya.

Menurut Muhadjir, saat ini pemerintah Indonesia masih bernegosiasi dengan Pemerintah Jepang terkait teknis evakuasi para ABK tersebut. Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun masih menimbang opsi penjemputan terhadap para ABK ini.

“Selalu beliau menyampaikan bahwa ini harus dipertimbangkan dengan penuh kehati-hatian, tidak boleh ceroboh, tidak boleh grusa-grusu karena menyangkut nasib penduduk Indonesia,” tuturnya.

Di sisi lain, Muhadjir hanya mendoakan agar tidak ada lagi WNI di Kapal Diamond Princess yang positif terinfeksi virus corona.(tc)

Category: Headline, Nasional Tags: ,