Rapid Test COVID-19, Jatim Prioritaskan Daerah Terjangkit

28 views

 

Surabaya (MediaKoranNusantara.com) – Tes cepat deteksi virus corona (COVID-19) atau Rapid test Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan memprioritaskan masyarakat yang berada di daerah terjangkit.Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan sebanyak 10 ribu alat rapid test bantuan dari pemerintah pusat akan tiba di Surabaya malam ini, sehingga baru bisa efektif didistribusikan ke berbagai kabupaten/kota di Jawa Timur, mulai Kamis (26/3/2020) hari ini.

“Pendistribusiannya akan kami lakukan secara proporsional, yaitu dengan memprioritaskan daerah yang terjangkit,” katanya.

Gubernur Khofifah mencontohkan di daerah terjangkit seperti Kota Surabaya, tentu banyak rumah sakit yang membutuhkan peralatan rapid test.

Selain Kota Surabaya, sejumlah kabupaten/kota lainnya di wilayah Jawa Timur yang telah ditetapkan sebagai daerah terjangkit COVID-19 adalah Kabupaten Sidoarjo, Blitar, Magetan, dan Malang Raya. “Selain di daerah terjangkit, pendistribusian rapid test juga akan kami prioritaskan ke daerah-daerah yang memiliki pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dengan jumlah terbanyak,” ujarnya.

Ketua Tim Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jatim Joni Wahyuhadi memastikan peralatan rapid test akan segera didistribusikan melalui Dinas Kesahatan di masing-masing kabupaten/kota dan rumah sakit rujukan COVID-19.

“Kami evaluasi rumah sakit yang merawat pasien positif atau PDP COVID-19 akan mendapat peralatan rapid test lebih banyak,” katanya.

Menurut Joni, sebanyak 10 ribu alat rapid test yang diberikan pemerintah pusat memang masih kurang dan berharap Pemprov Jatim bisa memperoleh bantuan alat tes itu lebih banyak lagi. (KN01)

Category: Headline, indeks, Jatim Tags: ,