Hujan Buatan Turun, KLHK: Sejumlah Daerah Kalimantan Cerah

58 views

 

Jakarta,mediakorannusantara.com – Pasca Hujan buatan turun di sejumlah daerah di Kalimantan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengklaim kondisi udara lebih baik dibandingkan hari-hari sebelumnya.
“Sekitar pukul 16.00-17.00 hujan turun di Kalsel kemudian di Palangkaraya, Kaltim. Pagi ini tadi Kalimantan Tengah,” kata Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dirkarhutla) KLHK , Rafles B Panjaitan, Sabtu (21/9/2019)
Rafles mengatakan tim gabungan terus melakukan berbagai cara untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Salah satu yang dilakukan adalah operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).
“Kalau pemadaman terus dilakukan di darat dengan berbagai cara, nah kemarin sudah Jumat itu. Minggu lalu Panglima sudah kirim pesawat untuk TMC dan dilakukan Jumat pagi. Dan itu kemarin hujan di Palangkaraya, cukup deras sekali. Kemudian di Kalimantan Timur juga turun, dan di Kalimantan Selatan, ini efek hujan buatan. Hari ini terus akan dilakukan lagi,” ujar dia.
Sementara Rafles menambahkan operasi TMC di Riau belum terlalu berhasil dilakukan. Hujan buatan hanya turun 15 menit di Dumai.
“TMC sudah dilakukan tapi belum terlalu berhasil, ada di Dumai kemarin hujan cuma 15 menit hasil dari TMC juga, hari ini juga tetap dilakukan TMC,” ujarnya.
Untuk mencegah karhutla, Rafles mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan sistem pembukaan lahan dengan pembakaran. Dia mengatakan setiap orang yang melanggar peraturan akan ditindak tegas. (wan/tik)

Category: Nasional Tags: ,